Beberapa layanan cloud storage untuk Android

cloud storage gratis

Tahun 2012 ini adalah tahunnya cloud computing. Hampir setiap hari kita disuguhi berita mengenai perkembangan cloud computing, salah satunya adalah cloud storage. Cloud storage adalah kapasitas penyimpanan data yang tersebar di beberapa server di seluruh penjuru dunia sehingga kita tidak khawatir akan kehilangan data dan juga kita dapat mengaksesnya lebih cepat karena akan diberikan ke server yang paling dekat dengan lokasi kita. Selain itu jika salah satu server down, kita masih dapat mengakses data karena servernya lebih dari satu.

cloud storage gratis

Hal yang paling dekat dengan kita sebagai pengguna perseorangan biasa adalah layanan cloud storage dengan kapasitas terbatas namun gratis. Banyak yang telah menyediakan layanan tersebut, namun tentu saja hanya beberapa yang bagus dan terpercaya. Cloud storage ini dapat digunakan untuk segala perangkat, asalkan terkoneksi ke internet dan didukung oleh penyedia layanan. Perangkat ini termasuk ponsel pintar Android yang pada umumnya didukung oleh banyak penyedia layanan cloud storage.

Memang pengguna Android merupakan yang terbesar di dunia, tidak terbatas pada ponsel, namun juga tablet. Sehingga tidak heran jika hampir semua penyedia layanan cloud selalu memberikan dukungan software kepada platform ini. Dengan cloud storage, masalah klasik yakni keterbatasan media penyimpanan data yang membatasi pengguna menyimpan berkas kesayangannya bisa diatasi. Diperlukan login dan password untuk masuk dan mengakses data sehingga kerahasiaan data anda dapat dipertanggungjawabkan, asalkan anda tidak membuat password terlalu mudah atau membaginya dengan orang lain.

Menyimpan terlalu banyak data di storage lokal ponsel Android anda dapat memperlambat kinerja. Baik itu disimpan di storage internal maupun eksternal. Selain itu memori eksternal juga rawan dari kerusakan, sehingga data-data penting bisa hilang menguap begitu saja. Oleh karena itu kita membutuhkan backup dan cloud storage adalah jawabannya. Dengan koneksi internet,anda dapat mengambil kembali data yang telah anda simpan kapanpun dan dimanapun. Penyedia cloud storage yang dapat anda nikmati secara gratis contohnya adalah:

Dropbox
Cloud storage ini berkapasitas 2GB dan bertambah jika anda menyarankan orang lain menggunakannya juga. Selain itu Dropbox memiliki fitur autoupload pada aplikasi berbasis Android.

Google Drive
Layanan cloud storage dari Google ini memiliki kapasitas 5GB namun tidak memiliki fitur autoupload. Namun kecepatan dan keamanan datanya tidak diragukan lagi.

Ubuntu One
Pada awalnya ini hanya untuk sistem operasi Ubuntu saja, namun kemudian memberikan support kepada platform lain termasuk Android. Kapasitasnya 5GB untuk yang free.

Sebenarnya masih banyak yang lainnya, namun yang disebutkan diatas adalah yang paling banyak dipakai oleh orang-orang diseluruh dunia. Untuk mendapatkannya, anda tinggal menavigasikan ponsel Android anda untuk mengunjungi Google Play, lalu cari dengan nama-nama yang kami sebutkan diatas. Setelah ketemu, silahkan unduh dan pasang lalu jalankan menurut petunjuknya. Setelah itu, data anda ada dimana-mana, tapi tetap aman. :)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *