Bagaimana Cara Mengukur kecepatan Akses Internet

admin November 19, 2012 2


Cara Mengukur kecepatan Akses Internet

Pengguna internet sering bertanya-tanya, sebenarnya berapa kecepatan yang ia peroleh dari penyedia jasa internet atau ISP itu. Padahal sebenarnya mengukur kecepatan internet yang digunakan tidaklah terlalu sulit. Akan tetapi ada parameter yang membuat bingung orang awam dan menjadikan perdebatan hangat. Maka dari itu kita harus memahami sistem ukuran dalam kecepatan akses internet.

Yang paling penting dalam mengukur kecepatan akses internet anda adalah ukuran baku dalam besaran bandwidth yang anda sewa. Ukuran yang umum digunakan oleh ISP adalah bps atau bit per second, bukan Bps atau byte per second. Seperti misalnya anda berlangganan 512 kbps. Ini dibaca sebagai 512 kilo bit per seconds. Dalam data, nilai 1 byte sama dengan 8 bit. Jadi, nilai 512 kbps sama dengan 64 kBps. Maka besaran data transfer yang anda sewa adalah sebesar 64 kBps, sehingga nilai itulah maksimal yang anda peroleh ketika melakukan download dari suatu server di internet.

Cara Mengukur kecepatan Akses Internet

Yang kedua adalah sistem data transfer yang digunakan. Paket apa yang anda sewa tentu menentukan kecepatan dari keseluruhan akses anda. Biasanya marketing ISP akan menjelaskan jika anda bertanya lebih detail lagi. Sebagai contoh adalah sistem UP TO 1 Mbps yang ditawarkan oleh Telkom Speedy. Hal ini berarti tidak ada jaminan bahwa anda mendapatkan kecepatan 1 Mbps saat anda mengakses internet karena arti kata Up To adalah sampai dengan. Hal ini bukan berarti anda PASTI tidak mendapatkan 1 Mbps, namun TIDAK ADA JAMINAN anda mendapatkan 1 Mbps. Masih memungkinkan bagi anda mendapatkan 1 Mbps jika jaringan Telkom Speedy sedang sepi pengguna.

Nah, setelah anda mengerti tentang hal-hal pokok diatas, maka saat nya anda mengukur kecepatan internet anda. Ada beberapa cara dalam mengukur kecepatan internet anda. Menurut sumber di tukangsapu.web.id, yakni sebagai berikut:

Tes mengunduh file dengan besaran tertentu

Caranya adalah sederhana. Anda mengunduh sebuah file yang sudah anda ketahui besarannya. Anda dapat mengunduhnya dari server mana saja yang menyediakan unduhan. Sebagai contoh adalah Download.com. Kecepatan transfer data anda akan terlihat dalam jendela download yang ditampilkan oleh browser anda. Namun sistem ini terkadang tidak akurat karena bergantung pada kecepatan akses server tempat file unduhan berada.

Tes menggunakan situs penyedia bandwidth speed test

Salah satu situs yang khusus digunakan untuk mengetes kecepatan akses internet anda adalah speedtest.net. Anda dapat melihat secara visual bagimana kecepatan data berjalan dari server speedtest yang anda pilih. Ya, anda dapat memilih server yang tersebar di seluruh dunia. Kecepatan yang diukur tidak hanya download, tapi juga kecepatan upload. Setidaknya, pengukuran kecepatan akses internet dengan software ini lebih akurat dibandingkan cara pertama.

Menggunakan perangkat lunak pengukur kecepatan

Salah satu perangkat lunak yang dapat anda gunakan untuk mengukur kecepatan akses internet anda adalah DU Meter. Perangkat lunak ini berbayar, namun anda bisa mencoba menggunakan versi trial yang diberikan dalam waktu tertentu tanpa batasan fitur. Mengenai caranya, anda dapat melihat secara langsung antarmuka program tersebut. Tentu saja tidak sulit jika anda mau sedikit memperhatikan.

Demikian penjelasan kami mengenai cara mengukur kecepatan internet. Semoga bermanfaat. (iwan)

 

2 Comments »

  1. edward January 14, 2013 at 11:41 am -

    untuk jenis modem berpengaruh ga ma kcptan???
    saya dulu pke mdem smart fren loading bgt trs sya gnti modem dngan memakai modem handphon nokia c6-00 pke krtu axis pke paket internet gaul sinyal 3,5G full tp malah lbh parah dri smart frend loading bget pa da pengaruhnya make modem biasa ma make modem HP???????? di tnggu penjlasanya tp tlng ke email ja ya klo ga repot,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, thanks smga sukses

  2. Jefry November 24, 2012 at 11:49 am -

    saya akan coba ukur kecepatan internet saya dan semoga saja bagus dan tidak mengecewakan
    terima kasih ats penjelasannya

Leave A Response »