aplikasi office online gratis atau free

aplikasi office writer online gratis free

bagi anda yang telah mengerti sedikit ataupun banyak tentang komputer, saya rasa anda kenal dengan apa itu microsoft office, atau paling tidak kenal dengan yang namanya word, excell dan lain lain yang berhubungan dengan pengolahan data. microsoft office,  software yang diciptakan oleh microsoft milik bill gate ini merupakan paket program pengolahan data yang berbayar atau tidak bebas disebarluaskan, setiap keping CD memiliki lisensi tertentu, jadi tidak sembarangan menginstal di banyak komputer dengan satu CD. hanya saja bukan rahasia umum lagi bahwa kebanyakan masyarakat indonesia dengan sadar dan mungkin tanpa merasa berdosa menginstal microsoft office tanpa lisensi yang pada semestinya atau istilah umumnya menggunakan office ilegal atau bajakan.

Tapi tentunya tidak semua masyarakat indonesia seperti itu, ada juga mereka yang menggunakan software microsoft office asli, dan ada juga mereka yang tidak ingin menggunakan office bajakan, mereka menggunakan office alternatife yang oleh penciptanya mengizinkan bebas digunakan tanpa adanya batasan lisensi, misalnya seperti Open Office yang diciptakan oleh Sun Office.

baik microsoft office yang lisensinya berbayar maupun sun office yang free lisensi, kedua aplikasi office ini baru bisa digunakan setelah diinstall pada komputer atau laptop. pernahkah anda terbayang ada sebuah aplikasi office yang untuk menggunakannya tanpa perlu instalasi terlebih dulu, dan juga tidak perlu membayar lisensi, alias gratis?
aplikasi office online free
adalah zoho.com, sebuah situs yang menyediakan fasilitas office online yang mirip sekali dengan office yang pada umumnya terinstal pada sebuah komputer. pada zoho.com ini terdapat aplikasi zoho writer yang fungsinya seperti microsoft word, ada zoho sheet yang fungsinya seperti microsoft excell, dan lain lain yang mirip dengan paket office pada umumnya. jika anda masih penasaran silahkan mencoba zoho writer pada http://writer.zoho.com/editor.im , alamat di samping adalah untuk mencoba tanpa perlu mendaftar, tapi jika ingin full akses, anda bisa mendaftar secara gratis. zoho juga pun menyediakan fasilitas penyimpanan online, jadi setelah anda membuat dokumen, anda bisa menyimpannya di server zoho, sangat cocok bagi anda yang sedang membuat data di warnet tapi belum punya flasdics untuk menyimpan data.. hehehe. kalau dilihat sepintas, tampilan toolbarnya agak mirip dengan microsoft office, jadi saya rasa toolbar pada zoho ini cukup user friendly bagi penggunanya.

aplikasi office online free

karena paket aplikasi office dari zoho ini bekerja pada browser, jadi anda tidak perlu bingung untuk mendownload ataupun menginstalnya, hanya saja untuk menjalankannya anda perlu sambungan internet, office dari zoho ini juga dilengkapi dengan mode offline, yang didukung dengan tool tambahan dari google gear, jadi anda bisa menggunakan tanpa harus selalu terhubung dengan internet.

bagaimana ? anda tertarik untuk menggunakan aplikasi gratis dan tidak repot ini.

semoga saja sedikit ulasan di atas bisa membantu anda dalam memilih aplikasi yang menurut anda paling cocok dengan anda.

oh iya sebagai tambahan saya belum banyak mencoba aplikasi office online ini, untuk selebihnya anda coba coba sendiri

Facebook Comments

3 comments

  1. bangsaid

    Wah… saya padahal pengguna Zoho dulunya. Baru tau kalau sekarang ada Officenya jug
    Kirain cuman Form Online

  2. zebhi

    Sip-sip infone…

    Ubuntu 9.10 wis metu toh?
    Hit Counter’e kok gak enek ki. Hehee…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *