Kebijakan Indosat untuk Hindari Pencurian Pulsa

Kebijakan Indosat untuk Hindari Pencurian Pulsa

Kebijakan Indosat untuk Hindari Pencurian Pulsa

Berita teknologi terbaru, Akhir-akhir ini marak terjadi pencurian pulsa yang disebabkan oleh layanan-layanan iklan premium “nakal” yang membanjiri inbox-inbox disetiap ponsel, dari yang mengiming-ngimingi sejumlah hadiah berupa uang, mobil dan lain sebagainya, ada yang memberikan layanan ramalan, langganan berita dan masih banyak lagi.

Akhirnya Indosat sebagai salah satu operator seluler besar di Indonesia yang “katanya” pencurian pulsa banyak menimpa pelanggan operator tersebut, mengeluarkan kebijakan khusus untuk menekan praktek-praktek pencurian pulsa.
Dikutip dari infokomputer.com (6/10/11), kebijakan tersebut adalah:

  • Mengimplementasikan konfirmasi 2 tingkat dimana sebelum berlangganan pelanggan akan ditanya ulang apakah pelanggan yakin akan berlangganan layanan bersangkutan.
  • Memberlakukan single key “STOP” untuk melakukan Unreg atau menghentikan layanan bersangkutan.
  • Menerapkan Single Short Code untuk berhenti layanan
  • Melakukan audit data dari CP secara berkala
  • Melakukan mekanisme kontrol sehingga trafik yang dikirim melalui Content Provider (CP) akan selalu melalui Indosat dan dicek keabsahan dari nomor tersebut
  • Mengimplementasikan sistem denda dan sanksi bagi CP yang layanannya mendapat komplain dari pelanggan dalam batas jumlah tertentu.

Semoga dengan adanya kebijakan baru dari Indosat pelanggan tidak lagi dirugikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Facebook Comments

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *