Pisang Goreng – Cara Membuat Pisang Goreng Sederhana

admin December 3, 2008 27



hari jumat yang lalu pohon pisang disebelah rumah yang saya tinggali telah matang buahnya, orang daerah sekitar saya menamai jenis pisang itu pasang kepok, gak tau sejarahnya kok bisa dikasih nama pisang kepok?? yang jelas pisang kepok itu enak dimakan langsung dan juga enak kalau digoreng lho.
ya udah ya,,, basa basinya sudah cukup ya, seperti judul di atas kan ceritanya tentang

bikin pisang goreng

, oke kita mulai ceritanya…..

langkah pertama, saya membeli minyak tanah dan tepung terigu. saya beli minyak tanah dulu soalnya minyak tanah di kompor saya sudah habis. jadi kalau gak saya isi kompornya saya gak bakal bisa masak dong… heheheh. dan juga tepung terigu, tepung terigu saya juga beli, soalnya di rumah juga udah habis persediaan terigunya…. Oh ya minyak tanah saya taroh di botol aqua, soalnya gak tau botol minyak tanah di taroh mana sama ibuku, (ibuku ada di lampung, ntar katanya februari baru pulang katanya). Minyak tanah 2 liter seharga Rp. 8.000,- tepung terigu setengah kilo seharga Rp. 3.300
Gambar Pisang Goreng
Langkah kedua Siapkan Buah Pisang-nya……. jreng jreng……
Gambar Pisang Goreng

langkah ketiga buat adonan tepung terigu di tambah dengan gula sedikit saja…. biar agak manis nanti rasa pisang gorengnya
Gambar Pisang Goreng
dan juga tambahkan garam sedikit saja, biar gurih…. heheheh, saya gak tau ini aturanya seberapa banyak carampuran tepung terigu, gula dan garamnya, pokoknya tak kira kira aja….. lalau beri sedikit air trus diaduk biar jadi adonan, nya gak usah banyak banyak, secukupnya aja, dan jangan terlalu encer, biar nanti adonan bisa nempel ke

buah pisang

, waktu pisang dimasukkan ke dalam adonan (aku bikin adonannya di rantang soalnya kemaren satu mangkok aku pecahin, takut juga nih kalau mecahin lagi, jadi bikin adonannya pake rantang aja…. hehehe)
Gambar Pisang Goreng
Langkah keempat Kupas buah pisangnya… satu satu saja ngupasnya, soalnya kan cuma punya sepasang tangan… kecuali kalau punya 10 pasang tangan, bisa itu langsung kupas 10 pisang sekaligus… heheheh
Gambar Pisang Goreng

kalau sudah dikupas, belah pisang jadi dua, tapi jangan dibelah semua, tapi dibelah 90 persen aja, terus dibentuk huruf V seperti gambar di bawah ini.
Gambar Pisang Goreng

jreng jreng
Gambar Pisang Goreng
langkah ke lima….. masukkan pisang yang sudah di belah tadi ke dalam adonan, di celup celupin…
Gambar Pisang Goreng
Jreng jreng
Gambar Pisang Goreng
Langkah keenam, panaskan minyal goreng dengan wajan, pake kompor, kalau udah panas. tinggal masukin pisang yang sudah dicampur dengan adonan tepung terigu tadi…. sambil balik kalau satu bagian sudah matang, kalau sudah matang semua, ambil pisang gorengnya jangan pake tangan, soalnya itu kan minyak mendidih, ntar tangan kamu bisa mateng. Ambilnya pake alat yang buat ngambil gitu, pake sotel atau pake apa gitu…. aku lupa namanya
Gambar Pisang Goreng
jreng-jreng ……udah jadi nih… pisang goreng sederhana buatan saya sendiri….
Gambar Pisang Goreng

maaf ya … aku cuma bisa upload gambar pisang goreng aja… kalau ini pisang goreng bisa aku upload, pasti aku upload deh…biar temen teman bisa ikut merasakan pisang goreng sederhana buatanku…. meskipun ngawur cara buatnya tapi enak lho….. percaya kan?????

 

27 Comments »

  1. muhammad ali masyhad October 22, 2013 at 5:46 am -

    hahahaha…
    ini dia resep yang aku cari, resep sederhana, irit biaya, makasih infonya yang kocak abisssss…
    pagi ini juga bakal aku cobain resepnya…
    trimss…

Leave A Response »