Toyota Yaris Generasi ketiga dan perawatan

admin October 3, 2012 1


Toyota Yaris Generasi ketiga

Pada artikel yang lalu kita telah membahas mengenai asal usul Yaris dan keluaran Yaris mulai dari generasi pertama dan kedua. Saat ini kami akan membahas Yaris generasi terakhir atau yang ketiga. Pada tahun 2010, generasi ketiga dari Yaris dirakit di negara asalnya, Jepang. Mobil ini diperkenalkan di pasar Jepang sekitar Desember 2010, lalu dipasarkan di seluruh dunia pada tahun 2011.

Mesin Toyota Yaris di Jepang memiliki kapasitas 1000 cc, 1300 cc dan 1500 cc. Sedangkan untuk wilayah Eropa ada yang menggunakan mesin Diesel jenis common rail diesel 1400 cc. Mobil ini sudah masuk ke Indonesia dengan nama yang sama. Tidak banyak perubahan yang ada pada generasi ketiga ini. Hingga saat ini, Yaris yang beredar di seluruh dunia baru sampai di generasi ketiga ini. Mobil Toyota Yaris memang selalu mengalami penyempurnaan, baik di bagian luar atau di bagian dalam. Pada umumnya sebelum generasi berikutnya diluncurkan, Toyota akan melakukan facelift pada mobil keluaran sebelumnya. Dengan model Hatchback, Toyota Yaris bisa dibilang sebagai mobil keluarga kecil yang ideal dan terbaik di Indonesia.

toyota yaris 2011

Hatchback ini sebenarnya merujuk pada desain mobil yang memadukan kabin penumpang dengan ruang tambahan, dengan pintu belakang yang memiliki model flip atau dibuka keatas. Toyota Yaris pada umumnya memiliki dua baris kursi, dimana kursi bagian belakang dapat dilipat kebawah untuk menambah ruang kargo supaya lebih lebar. Dalam peluncuran jenis barunya, Yaris selalu dipoles sedemikian rupa pada bagian eksterior dan interiornya sehingga memiliki daya pikat tersendiri bagi konsumen di Indonesia. Selain itu, Yaris juga banyak mendapatkan penghargaan di Eropa karena mobil ini dibuat dan dirakit dengan standar yang sudah ditetapkan untuk pasaran dunia.

Perawatan dan pemeliharaan Toyota Yaris

Hingga kini, minat pasar terhadap Yaris sebagai mobil keluarga kecil masih belum turun dan masih banyak diburu oleh kalangan pecinta otomotif. Perawatan mobil ini bisa dikatakan murah dan mudah. Perawatan berkala (tune up) Toyota Yaris dilakukan setiap 50.000 kilometer. Ada juga spare part yang dilakukan penggantian seperti filter oli, oli transmisi, busi dan minyak rem. Kualitas mesin akan terjaga dan awet dengan penggantian spare part diatas. Selain itu juga akan membuat mobil Yaris ini lebih enak dikendarai. Bagi Toyota Yaris dengan transmisi matic, selain penggantian spare part diatas, maka harus dilakukan juga pengecekan pada kampas rem setiap 10.000 km. Kampas rem mobil matic biasanya lebih cepat habis karena frekuensi injakan rem lebih tinggi dibanding versi manual.

Pada mobil Toyota Yaris yang sudah berusia 4 hingga 5 tahun, ada baiknya dilakukan pengecekan pada bagian sistem saringan bensin atau filter bensin. Kerusakan pada bagian ini akan berimbas pada kerusakan sistem injeksi mesin jika tidak segera diatasi. Pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan secara teratur dan berkala akan mengecilkan kemungkinan terjadinya kerusakan mesin yang fatal. Mobil Yaris akan awet dan memiliki usia yang relatif panjang. Untuk perawatan mobil Toyota Yaris, anda sebaiknya mempercayakan kepada bengkel resmi Toyota yang sudah ada di semua kota di Indonesia. (iwan)

referensi : http://autos.okezone.com/read/2011/07/14/52/479987/sudah-hadir-yaris-generasi-ketiga

 

One Comment »

  1. benny azis January 30, 2013 at 2:55 pm -

    untuk toyota yaris E/matic olie mesin yang biasa diapakai kode apinya berapa ya

Leave A Response »