Pahami Tips perawatan mobil Toyota Kijang GLX

admin October 23, 2012 0


Tips perawatan mobil Toyota Kijang GLX

Sebagus apapun sebuah mobil, jika tidak dirawat dengan baik tentu saja menjadi mudah rusak dan tidak memberikan manfaat secara maksimal. Demikian pula dengan Toyota Kijang GLX yang sudah merupakan mobil berusia tua saat ini.

Tips perawatan mobil Toyota Kijang GLX

Perawatan rutin yang diperlukan oleh Kijang GLX

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk merawat mesin mobil Kijang GLX. Cara-cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ganti oli mesin dan lakukan perawatan secara rutin dan berkala. Perawatan ini akan menentikan keawetan mesin mobil anda. Oli mesin yang buruk akan membuat mesin menjadi lebih panas dan lebih mudah rusak. Selain itu segala macam filter harus dibersihkan dari debu secara berkala supaya tidak terjadi sumbatan.
  • Lakukan pemeriksaan busi secara rutin. Anda bisa melakukan penggantian secara rutin dan berkala sesuai dengan petunjuk yang ada.
  • Gantilah timing belt pada saat mobil berada pada angka 40.000 hingga 45.000 kilometer.
  • Anda harus merawat sistem pendingin mobil dengan cara segera memperbaiki jika terjadi kerusakan kecil. Hal ini akan menghindari kerusakan yang lebih besar dan serius.
  • Pastikan anda melakukan tune up secara rutind an berkala, dengan melakukannya setiap 10.000 km.
  • Selalu periksa tekanan ban mobil saat digunakan, apalagi saat menempuh perjalanan yang jauh.
  • Bagian terakhir adalah yang paling penting dalam perawatan setiap mobil, yakni bagian rem. Pemeriksaan terhadap rem adalah sangat penting supaya performa perangkat pengereman tetap prima. Hal ini diperlukan untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang saat berada di jalan.

Dengan melakukan perawatan sederhana diatas secara rutin, maka biaya tinggi yang harus dikeluarkan dapat dicegah. Anda dapat melakukan perawatan mobil Kijang LGX di bengkel mobil resmi Toyota atau di bengkel non resmi dikarenakan mobil ini sudah sangat akrab oleh teknisi-teknisi yang ada di seluruh Indonesia.

Perawatan pada kampas kopling Kijang GLX

Kanvas kopling adalah bagian dari sistem penggerak mobil yang paling vital, termasuk juga pada Kijang GLX. Kopling dan kanvasnya adalah komponen yang menghubungkan mesin dengan transmisi. Harga kanvas kopling Kijang GLX berkisar antara Rp. 350.000,- hingga Rp. 450.000,- dengan kualitas KW 1. Untuk yang original tentu saja lebih mahal daripada yang KW 1 ini. Daya yang dihasilkan oleh putaran mesin ke transmisi atau penggerak roda tidak akan dapat maksimal jika kopling telah aus dan mengakibatkan tarikan mobil menjadi tidak kuat lagi. Normalnya kampas kopling dapat digunakan selama 4 hingga 5 tahun, namun umurnya bisa lebih cepat atau lebih lambat jika cara mengemudinya benar.

Cara-cara berikut dapat anda lakukan untuk menjaga kanvas kopling Kijang GLX tetap awet, yakni:

  1. Hindari kebiasaan menginjak kopling saat mobil berjalan karena akan mempercepat keausan kanvas kopling.
  2. Dalam memindahkan gigi transmisi, lakukan dengan perlahan, jangan menghentak.
  3. Anda harus menyesuaikan gigi transmisi dengan laju kendaraan. Misalnya saat berjalan lambat dibawah 25 km/jam, jangan menggunakan transmisi 4 atau 5. Hal ini tentu saja akan mempercepat keausan kopling karena kinerja lebih berat.

Demikian adalah beberapa tips perawatan mobil kijang GLX. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.obralobrol.com/2011/02/perawatan-mobil-toyota-kijang-lgx.html

 

Leave A Response »