Mengulas Toyota Yaris – bagian pertama

admin October 2, 2012 0


Review Toyota Yaris

Toyota Yaris adalah mobil yang berjenis hatchback kecil yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation. Mobil ini merupakan saingan dari produk sejenis dari Honda, yakni Jazz. Mobil ini pertama kali diproduksi dan dipasarkan di Eropa pada tahun 1999. Mobil ini ditawarkan dengab berbagai keunggulan yang mampu bersaing di pasaran Eropa yakni performa mesin, jaminan keselamatan dan konsumsi bahan bakar yang optimal. Standar keamanan dan emisi pun menggunakan standar negara-negara eropa.

toyota yaris

Oleh karena itu Yaris bisa meraih penghargaan European Car of The Year Award pada tahun 2000. Mobil ini juga mendapatkan pengakuan sebagai standar model kendaraan compact two box di Amerika Utara dan negeri Toyota, yakni Jepang. Mobil Yaris yang dipasarkan di Eropa dilakukan perakitan di Perancis, sedangkan untuk wilayah Asia dirakit di Thailand. Ternyata Toyota Yaris dirancang oleh perusahaannya sebagai pengganti dari Toyota Starlet yang sudah lama beredar dan mulai ketinggalan jaman. Yaris sebenarnya hanya terkenal di Eropa, sedangkan di tempat lain disebut sebagai Echo Hatchback. Khusus di Indonesia, Toyota tetap menggunakan nama Toyota Yaris.

Generasi pertama Toyota Yaris

Yaris generasi pertama dirakit di banyak tempat, yakni di Guangzhou China, Valenciennes Prancis dan Aichi Jepang. Mesin yang digunakan pada tipe pertama adalah 1SZ-FE yang berkapasitas 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE yang berkapasitas 1300 cc atau 1NZ-FE yang berkapasitas 1500 cc bensin. Yaris juga memiliki versi mesin diesel, yakni 1ND-TV berkapasitas 1400 cc yang hanya tersedia untuk wilayah Eropa saja.

toyota yaris generasi pertama

Di Jepang, Yaris dikenal dengan nama Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia dan RS. Yaris tipe Clavia adalah mobil yang bermodel klasik, sedangkan tiper RS adalah yang bermodel paling sporty. Vitz RS hadir dengan gril jaring, interior sporty dan boy kit yang mewah. Yaris RS ini hadir di negara lain dengan nama yang berbeda, misalnya Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Kanada atau Echo Sportivo di Australia.

Generasi kedua Toyota Yaris

Generasi kedua Yaris dirakit pertama kali di Jepang pada tahun 2005. Dipasarkan secara luas di seluruh belahan dunia pada tahun 2006. Namun generasi kedua ini pada akhirnya tidak hanya dirakit di Jepang melainkan juga di beberapa negara seperti Perancis, China, Indonesia, Thailand dan Taiwan. Amerika Serikat diberikan line up yang terdiri dari Yaris Liftback dengan 3 pintu, Yaris hatcback dengan 5 pintu dan Yaris sedan yang disini disebut dengan Vios. Semua mobil Toyota Yaris tersebut menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc 1NZ-FE.

Toyota Yaris generasi kedua 2005

Di Indonesia, Yaris diluncurkan pertama kali secara resmi pada tahun 2006 dengan model seri E dengan transmisi otomatis atau manual. Yaris juga memasarkan tipe S dan S Limited selain seri E. Mobil Yaris yang menggunakan seri S, sepenuhnya menggunakan transmisi otomatis. Pada versi S terdapat body kit dan lampu kabut, sedangkan pada vesi S Limited dilengkapi dengan push button start/stop. Namun semua versi tersebut menggunakan mesin yang sama yakni 1NZ-FE VVTi berkapasitas 1500 cc yang sama pada Toyota Vios.

Toyota Yaris 2009

Toyota mengeluarkan versi Facelift dari Yaris dengan gril, bumper depan dan lampu belakang baru pada tahun 2009. Model dasar dari Yaris versi J dipasarkan dengan harga lebih murah dari versi E. Hal ini dikarenakan versi J tidak memiliki SRS Airbag. Mobil Yaris ini dipasarkan di Singapura hanya dengan satu versi saja yakni 1.5 E yang menggunakan transmisi automatic. Demikian ringkasan mengenai dua versi Yaris. Dalam artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai Yaris generasi ketiga dan cara pemeliharaan Toyota Yaris. Semoga bermanfaat.

 

Leave A Response »