Mengulas Mesin, desain dan fitur pada Toyota Vios

admin October 15, 2012 Comments Off


Mesin Toyota Vios

desain Toyota Vios

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai sejarah Toyota Vios serta dua generasi Vios yang diluncurkan pada tahun 2003 dan 2007, maka saat ini kita akan membahas Vios lebih dalam. Kita akan mulai dari mesin Toyota Vios. Pada dasarnya, semua mesin yang digunakan oleh Toyota Vios, baik generasi pertama dan generasi kedua adalah sama sama. Yang berbeda adalah adanya fitur throttle by wire diaplikasikan pada Toyota Vios generasi kedua. Sistem ini tidak menggunakan kabel baja untuk menggerakan gas, namun menggunakan sistem sensor. Hal inilah yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit. Hematnya bahan bakar juga didukung oleh performa mesin yang prima, dimana mesin NZ-FE yang berkapasitas 1500 cc tersebut menggunakan teknologi VVTi. Teknologi ini merupakan singkatan dari Variable Valve Timing-intelligent menggunakan 16 valves DOHC untuk menciptakan akselerasi dan tenaga yang maksimal.

Desain dan fitur pada Toyota Vios

Simpel dan stylish adalah desain dari Toyota Vios sehingga cocok untuk masyarakat modern yang dinamis dan enerjik. Eksterior Toyota Vios tampak sangat modern dan elegan. Dengan konsep dynamic front design maka seseorang dapat merasa bangga menaiki mobil yang kecil namun cantik ini. Desain yang futuristik dan nyaman juga diterapkan pada interior mobil ini. Kabin lapang dapat memberikan perasaan lega bagi seluruh penumpang. Kursi belakang dapat diratakan/ditidurkan untuk membuat space di kursi belakang menjadi lebih lega. Ini tentu saja membuat perjalanan jauh dengan sedan kecil ini tidak menjadi masalah karena seluruh penumpang dapat beristirahat dengan nyaman selama berada di dalam mobil.

mesin toyota vios

Fitur yang lain tentu saja masalah keamanan yang juga cukup banyak demi mendukung keselamatan dan kenyamanan pengguna Toyota Vios. Fitur ini semakin banyak ditambahkan dan disempurnakan pada Toyota Vios generasi kedua. Misalnya adalah fitur Smart Braking Power yang digunakan untuk mengendalikan pengereman pada sedan kecil demi keselamatan pengemudi dan penumpangnya. Smart Braking power merupakan kombinasi dari beberapa sistem, yakni Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution serta Brake Assist. Ketiga saling mendukung dalam sistem pengereman supaya dapat dilakukan pengereman tercepat dengan jarak sependek mungkin. Pada seri G, ada sistem yang bernama Back Sonar yang digunakan sebagai sensor parkir yang menggunakan gelombang ultrasonik. Sistem ini berfungsi menjaga jarak aman saat melakukan parkir.

Sedangkan untuk panel instrumaen dilakukan dengan konsep desain yang efisien yang mampu memuat banyak instrumen tanpa meninggalkan konsep stylish. Konsep desain ini sering disebut dengan sebutan argonomik dan center cluster. Menggunakan sistem audio dengan teknologi Auto Sound Levelizer Live-ACS dan CD Text, player ini mensupport berbagai format dari CD, MP3 dan WMA. Untuk anda pecinta musik dan ingin bepergian jauh, maka tidak akan bosan jika ditemani dengan koleksi musik anda yang didukung oleh player pada mobil ini.

Demikian sedikit ulasan kami mengenai mesin dan fitur Toyota Vios. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Vios

 

Comments are closed.