Mengenal Sejarah Isuzu Panther, Mobil MPV Diesel yang patut diperhitungkan

admin December 23, 2012 Comments Off


Isuzu panther

Isuzu Panther adalah sebuah mobil yang masuk dalam kategori Multi Purpose Vehicle. Pada mulanya Isuzu Panther dikembangkan di Jepang dan diproduksi khusus untuk pasar di kawasan Asia. Kendaraan bermesin diesel ini akhirnya diberi kode Asian Utility Vehicle (AUV). Kendaraan ini dipasarkan di Filipina dengan sebuban Isuzu Crosswind, di Vietnam dengan sebutan Isuzu Hi-Lander dan di India diberi nama Chevrolet Tavera karena bekerjasama dengan Chevrolet. Di Indonesia sendiri, mobil ini dikenal dengan nama Isuzu Panther. Isuzu memang tidak diragukan kemampuannya dalam memproduksi mesin diesel, sesuai slogan mereka sebagai rajanya diesel.

Sejarah Isuzu Panther

Selain digunakan untuk mobilnya sendiri, Isuzu juga membuat mesin diesel untuk mobil dari perusahaan lain seperti Holden Gemini, Chevrolet Trooper, Chevrolet Luv dan masih banyak lagi yang lainnya. Isuzu sendiri lebih terkenal sebagai pabrik mesin diesel daripada pabrik mobil dengan mesin diesel. Mesin diesel yang diproduksi oleh Isuzu tidak hanya dipakai untuk kendaraan, namun juga digunakan untuk industri besar seperti pabrik dan bahkan pembangkit listrik.Isuzu memang jarang memproduksi mobil keluarga dikarenakan mereka lebih memfokuskan diri memproduksi mesin diesel yang biasanya digunakan untuk kendaraan-kendaraan berat seperti truk, truk pertambangan, mesin kapal dan lain sebagainya.

Sejarah Isuzu Panther

Isuzu di Indonesia pertama kali memproduksi secara khusus mobil keluarga adalah Isuzu Panther ini. Sebelum mengeluarkan Isuzu Panther, perusahaan ini lebih banyak memproduksi dan memasarkan kendaraan berjenis truk ringan dan sebagian ada yang dimodifikasi menjadi mobil angkutan penumpang berjenis mikrobus. Mobil Isuzu Panther hadir dalam rangka meramaikan pasar mobil keluarga dengan kapasitas lebih dari lima orang yang didominasi Toyota Kijang. Mobil ini hadir pada ceruk pasar tersebut membuat masyarakat memiliki pilihan alternatif. Terlebih lagi dapat dikatakan bahwa mobil ini memiliki keunggulan yang menjanjikan, yakni hemat bahan bakar.

Isuzu Panther hemat bahan bakar

Untuk anda yang sudah mengenal televisi di awal tahun 90-an tentu saja pernah melihat iklan Isuzu Panther yang ditayangkan pada beberapa stasiun televisi swasta nasional. Iklan tersebut berisi testimoni seorang pemilik Isuzu Panther, seorang bapak yang berbicara dalam logat bali yang kental menyatakan bahwa konsumsi bahan bakar Isuzu Panther sangat irit. Dikatakan bahwa perjalanan Jakarta – Bali hanya membutuhkan solar senilai empat puluh empat ribu rupiah. Pada zaman itu, satu liter solar kurang dari seribu rupiah. Jadi anda dapat membayangkan betapa iritnya konsumsi bahan bakar Isuzu Panther.Pasar konsumen yang dibidik oleh Isuzu Panther adalah lapisan masyarakat yang sangat sensitif dengan nilai ekonomis dari operasional sebuah mobil.

Selain Isuzu Panther, ada Daihatsu yang juga merilis kendaraan bermesin Diesel yang merupakan pengembangan dari Daihatsu Taft. Adalah Taft GTL dengan lima pintu yang memiliki sasis panjang dan Taft Rocky yang terdiri dari tiga pntu. Namun karena harga Isuzu Panther lebih murah, bahkan terpaut jauh, maka masyarakat lebih memilih Isuzu Panther. Ada juga Chverolet dengan varian Luv dan Trooper yang juga mengusung mesin diesel (ironisnya, mesin diesel buatan Isuzu juga). Namun pada awal tahun 90-an, produksi mobil ini dihentikan dan hasilnya adalah Isuzu nyaris tanpa kompetitor hingga akhirnya Mitsubishi mengeluarkan Kuda dengan mesin diesel.

Diesel memang terkenal sebagai mesin yang irit dalam pemakaian bahan bakar sehingga kebanyakan mesin berkapasitas besar selalu menggunakan mesin jenis ini. Selain itu, pada awal 90-an hingga tahun 2000-an, masyarakat diuntungkan dengan kebijakan pemerintah yang memberikan subsidi lebih besar kepada solar daripada premium. Maka dari itu keuntungan memiliki mobil dengan mesin diesel tentu saja berlipat ganda.

isuzu panther 1991

panther 1991, halomalang.com

Isuzu Panther dikeluarkan pertama kali pada tahun 1991. Generasi pertama tersebut menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.300 cc direct injection dengan kode mesin C223. Isuzu Panther dipasarkan dalam empat versi berbeda, yakni dimulai dari yang termewah adalah Hi Grade, Royal, Total Assy dan yang termurah adalah versi standar. Selain itu, Isuzu membebaskan beberapa perusahaan karoseri yang memproduksi Panther dalam bermacam model, diantaranya adalah Isuzu Panther Samurai dan Isuzu Panther Miyabi yang menyerupai Pajero. Generasi pertama ini berakhir masanya pada tahun 1996.

isuzu panther 1996

isuzu panther 1996

Generasi kedua mulai diproduksi tahun 1996 dimana ada perubahan yang besar pada sistem dapur pacu. Kapasitas mesinnya ditingkatkan menjadi 2500 cc. Mesin dengan kode 4JA1 ini sudah menggunakan teknologi direct injection yang disempurnakan sehingga membuat pembakaran menjadi lebih sempurna. Kecepatan akselerasi menjadi lebih baik dan pemakaian bahan bakar menjadi lebih hemat. Mesin terbaru ini memiliki tenaga sebesar 86 HP pada 3900 rpm. Masih seperti generasi pertama, ada beberapa varian dari Isuzu Panther. Mulai dari yang termurah yakni Standar, Deluxe, Royal, Grand Royal, New Royal, Hi Sporty hingga yang termahal adalah Hi Grade. Tahun 1996-2000 adalah tahun kejayaan Isuzu Panther meskipun ceruk pasarnya diisi oleh Mitsubishi Kuda Diesel dan Toyota Kijang Kapsul diesel. Generasi ketiga berhenti diproduksi pada tahun 2000.

isuzu panther 2000

isuzu panther 2000

Generasi ketiga dimulai prioduksinya pada tahun 2000, setelah generasi kedua berakhir. Mesin masih menggunakan kapasitas 2.500 cc dengan kode 4JA1 dengan teknologi direct injection yang kurang lebih sama dengan generasi kedua. Yang berbeda adalah dalam masalah desain, yakni bukan lagi kotak namun lebih memiliki sudut yang bulat dan aerodinamis. Hal ini merupakan penyesuaian terhadap bentuk dari Toyota Kijang yang memukai masyarakat. Generasi ini dipasarkan dalam berbagai versi, mulai dari Grand Touring yang termewah hingga SM atau Standard yang paling murah. Akhir masa produksi generasi ketiga ini adalah tahun 2004.

isuzu panther 2004Tweet

 

Comments are closed.