Mengenal Pabrikan mobil Peugeot Perancis, Sejarah dan ciri khasnya

admin October 31, 2012 0


Pabrikan mobil Peugeot dari Perancis

Peugeot (dibaca: pezo) adalah sebuah pabrikan dari Perancis, berkantor di Avenue de la Grande Armee, Paris. Perusahaan ini mengeluarkan mobil yang diberi logo singa yang sedang berdiri diatas dua kaki dan mengangkat dua kaki depannya. Peugeot menggunakan singa sebagai logo untuk melambangkan kekuatan dan fleksibilitas. Pabrikan yang telah lama berdiri ini telah banyak mengukir sejarah di bidang otomotif.   Mobil Peugeot sedan

Sejarah berdirinya Peugeot

Sejarah Peugeot tidak langsung diwarnai dengan produksi mobil. Pada tahun 1810, Peugeot berdiri sebagai pabrik baja dengan logo singa berdiri biasa dengan dibawahnya ada busur panah yang seolah diinjak. Lalu dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan mulai memproduksi sepeda pada tahun 1882. Meskipun memproduksi sepeda, logo perusahaan tetap sama, yakni singa yang berdiri diatas dua kaki. Pada saat itu, Peugeot masih dipimpin oleh Armant Peugeot, pemiliknya. Perkembangan dunia bisnis menyebabkan Peugeot terus melebarkan bisnisnya. Setelah bertemu dengan Gottlieb Daimler dan Leon Serpollet, Armant Peugeot memutuskan supaya Peugeot memproduksi mobil uap. Mobil uap ini pada awalnya beroda tiga.

perubahan logo peugeot dari masa ke masa

perubahan logo peugeot dari masa ke masa

Tahun demi tahun berlalu dan Peugeot terus berkembang melewati masa ke masa. Mulai dari perang dunia pertama, perang dunia kedua, perang dingin dan terus hingga saat ini. Peugeot akhirnya juga salah satu dari sedikit pabrikan mobil yang mobilnya ikut dalam balap kompetisi bergengsi, seperti World Rally Championship (Rally Dunia/WRC), Rally Paris Dakkar yang bergengsi dan juga balap ketahanan 24 hours Le Mans. Pada tahun 1990, yakni tahun ke-100 Peugeot berdiri adalah suatu tahun yang bersejarah. Saat itu Peugeot meluncurkan mobil type sport yakni Peugeot 907 dengan mesin V10 dan juga menjuarai WRC pada tahun 1991.

Kemajuan dan ciri khas pabrikan Peugeot

Di seluruh belahan dunia, Peugeot meningkatkan pemasaran dan pabrikan. Ada Peugeot seri 505 yang diproduksi di Sochaux Plant, Perancis. Mobil ini dijual di beberapa negara seperti Argentina, China, Nigeria dan Indonesia. Di Argentina, mobil Peugeot 505 dibuat oleh Sevel pada tahun 1981 hingga 1995. Di Indonesia juga dipasarkan pada tahun 1981-1988. Peugeot memasarkan mobil ini jua di Australia, Chile dan Selandia Baru. Ciri khas dari Peugeot adalah selalu terdepan dalam hal pemgembangan teknologi. Peugeot adalah perusahaan yang tidak gengsi atau tidak segan bekerjasama dengan perusahaan lain dalam menciptakan dan mengembangkan teknologi yang digunakan dalam produk otomotifnya.

Mobil Peugeot 508 RXH

Pada tahun 2011 lalu, telah santer informasi mengenai akan dipasarkannya mobil Hybrid oleh Peugeot dan Citroen. Mobini disebut sebagai Hybrid karena memiliki 3 mode dalam satu mesin. Yakni mesin Diesel, mesin listrik dan kombinasi keduanya. Mobil ini telah masuk di Indonesia melalui ATPM PT Tjahja Sakti Motor yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk. Mobil yang diberi nama Peugeot 508 RXH ini menggunakan mesin Diesel sebagai mesin utama dengan 200 HP dan ditambah dengan motor listrik yang dapat digunakan ketika melaju di perkotaan sehingga lebih hemat.

Demikian ulasan kami mengenai pabrikan Peugeot. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Peugeot, http://about-peugeot.blogspot.com

 

Leave A Response »