Mengenal Mobil Suzuki APV – Review Specifikasi

admin October 4, 2012 8


Pasar otomotif di Indonesia adalah bisa dikatakan paling beragam. Banyak sekali merek mobil yang ada di Indonesia, baik dari Jepang, Eropa maupun Amerika. Setiap tahunnya, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) selalu mengeluarkan mobil baru. Tentu tidak kalah dari yang lainnya, Suzuki pun melakukan hal yang sama dengan mobil andalan mereka, Suzuki APV.

Mobil Suzuki APV - Review Specifikasi

Tentang Suzuki APV

Suzuki APV pertama diproduksi pada tahun 2004. Hingga kini Suzuki APV belum dihentikan pembuatannya. Mobil yang didesain oleh Suzuki Motor Corporation ini hanya diproduksi di Indonesia. Pabriknya berada di Pulo Gadung, Jakarta, merupakan milik dari Indo Mobil Suzuki International. APV ini adalah termasuk dalam jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) yang sejak pertama kali diperkenalkan telah mengalami dua kali perubahan yakni pada tahun 2007 dengan varian APV Arena dan pada tahun 2009 dengan varian APV Luxury. Kendaraan berjenis mini bus ini memiliki kabin dengan kapasitas delapan penumpang. APV ini juga dikembangkan menjadi mobil angkut yakni APV BlindVan dan Suzuki Mega Carry.

Spesifikasi Suzuki APV

Pada saat pertama kali dikeluarkan pada tahun 2004, mobil ini tersedia dalam bebrapa varian, diantaranya GL,GX dan GX AT sebagai varian tertinggi dan serta GA dan GE tipe paling standart, kemudian di tahun 2005- 2006 menjadi L,X,dan X AT(tipe tertinggi) dan varian terendahnya A dan E. Lalu pada  2007 baru APV arena untuk varian GL,GX,GX AT, dan ditambah SGX,SGX AT, dan 2009 muncul SGX LUXURY. Transmisi yang disediakan ada dua macam yang bisa dipilih, yakni transmisi manual atau otomatis. Bahan bakar premium digunakan pada seluruh varian mobil ini dikarenakan mobil ini memang termasuk jenis mobil murah, dengan kapasitas mesin 1.493 cc dan kapasitas tangki bensin 40 liter. Keseluruhan tipe Suzuki APV dilengkapi dengan power steering untuk memudahkan berkendara. Mengenai masalah rem, semua tipe APV menggunakan ventilated disc (cakram) pada roda depan dan trailing drums pada bagian belakang.

Perbedaan keluaran tipe Suzuki APV, yakni:

  1. Suzuki APV

suzuki Arena standar

Varian ini adalah varian yang paling standar dan masih diproduksi. Harganya pun paling murah dengan tipe GA dan GE. Tipe GA adalah hanya berupa mobil tanpa audio dan hanya memiliki AC single blower. Sementara APV tipe GE hanya ditambahkan car audio dengan dua speaker saja.

  1. Suzuki APV Arena

Suzuki APV arena

Varian ini memiliki tiga jenis tipe, yakni GL, GX-MT dan GX-AT. APV GL dan GX MT memiliki transmisi manual 5 percepatan dan dibekali pelek 14 inci. Sedangkan untuk APV tipe GX-AT memiliki transmisi otomatis 4 percepatan. Semua tipe memiliki kabin dengan kapasitas 8 penumpang. Suzuki APV Arena memiliki lebih banyak pilihan warna daripada sebelumnya.

  1. Suzuki APV Luxury

suzuki Arena luxury

Seperti namanya, APV Luxury adalah tipe APV yang didesain untuk mereka yang menginginkan kemewahan dalam berkendara. Sebenarnya APV Luxury adalah APV Arena bertipe SGX-MT dan SGX-AT. Perbedaannya dengan versi Arena adalah masalah desain interior dan kelengkapannya. APV Luxury hanya berkapasitas 7 orang dan memiliki interior yang mewah. Sedangkan perbedaan pada desain eksterior adalah gril depan, bemper depan, sidewind kiri dan kanan yang lebih aerodinamis dan adanya sensor untuk parkir. Namun APV Luxury ini hanya menyediakan dua pilihan warna saja.

Demikian pembahasan kami mengenai Suzuki APV. Pada artikel selanjutnya kami akan membahas Teknologi, Harga dan beberapa aspek lain dari Suzuki APV. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://id.carmall.com/id/mobil_baru/speksifikasi_mobil_baru/suzuki-apv-10101/

 

8 Comments »

  1. sony September 7, 2014 at 7:04 am -

    admin salah, di awal peluncuran nya tahun 2004 sudah ada varian GL,GX dan GX AT sebagai varian tertinggi dan serta GA dan GE tipe paling standart,,lalu di tahun 2005- 2006 menjadi L,X,dan X AT(tipe tertinggi) dan varian terendahnya A dan E.. dan ditahun 2004 sebetulnya mega carry sudah ada tapi untuk pasar ekspor. nah 2007 baru deh kluar arena untuk varian GL,GX,GX AT, dan ditambah SGX,SGX AT, dan 2009 muncul SGX LUXURY di ikuti mega carry.. admin update blog ini dong klo infonya salah..

  2. sony January 23, 2014 at 10:16 am -

    Knpa suzuki APV tiap kali isi BBM lama..
    Tlg jelasin Yaw
    Mksh

  3. subhan May 18, 2013 at 9:56 am -

    dear pak ridwan kurang lengkap penjelasanya.karena pada 2005 – 2006 an muncul tipe L X dan GA.perbedaalnya hampir sama dengan GA GL dan GX.di tahu 2007 – sampai sekarang,setau saya L hanya single blower X double blower,GA atau GE kursi baris ke tiga berhadap hadapan,sehingga lebih luas untuk barang.terima kasih

Leave A Response »