Mengenal jenis-jenis Daihatsu Taruna

admin September 11, 2012 1



jenis-jenis Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna merupakan salah satu produksi PT. Astra Daihatsu Indonesia. Tentu saja masih satu pabrik dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, berasal dari Astra International. Daihatsu Taruna ini diproduksi untuk menyempurnakan versi sebelumnya dalam kelas yang sama, yakni Daihatsu Feroza. Penyempurnaan ini dilakukan dengan menggunakan penggerak roda belakang, meninggalkan Daihatsu Feroza yang menggunakan penggerak roda depan. Daihatsu Taruna juga memiliki sasis yang lebih panjang, mengikuti sumbu roda yang diperpanjang. Daihatsu Taruna termasuk dalam kategori Small SUV, menjadikan tren baru mobil di Indonesia.

Jenis-jenis Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna pertama kali diproduksi PT. Astra Daihatsu Motor Indonesia pada tahun 1999 dengan varian yang memiliki klasifikasi berbeda. Berikut adalah tipe dan klasifikasi varian berdasarkan tahun keluarannya.

  1. Daihatsu Taruna C-Series, kode HD-C (1999)

Mobil ini menggunakan karburator sebagai pengoplos bahan bakar, mengusung mesin sebesar 1500-1600 cc. Kapasitas penumpang sebanyak 5 orang, namun bisa diekstensi menjadi 7 orang dengan tambahan kursi belakang saling berhadapan. Jumlah baris kursi ada 3, jika yang paling belakang dilipat bisa digunakan sebagai bagasi. Sistem AC menggunakan single blower dan roda menggunakan velg ukuran 15 inci dengan ban 207/70 R15.2.

  1. Daihatsu Taruna C-Series Special Edition, kode HD-E (2000)

Mobil ini menggunakan injeksi sebagai pengoplos bahan bakar, dengan kapasitas mesin masih sama dengan tipe sebelumnya, yakni 1600 cc. Model tempat duduk sama dengan C-Series, hanya saja pada bagian dalam terbalut kulit. Selepas itu, semua sama dengan model sebelumnya.

  1. Daihatsu Taruna F-Series, kode HE-E (2001)

Mobil ini memiliki kapasitas mesin 1600 cc dengan karburator dan 1500 cc dengan EFI atau injeksi. Mobil terbagi menjadi beberapa tipe, yakni FL, FX dan FGX dengan kapasitas penumpang termasuk sopir tujuh orang. Selain hal ini, yang lainnya sama dengan tipe sebelumnya.

  1. Daihatsu Taruna F-Series, kode HE-E- (2002)

Pada dasarnya tidak ada perbedaan dengan versi sebelumnya, namun mesin sudah full injeksi. Spion menggunakan sistem lipat elektrik untuk memudahkan parkir. Selain itu warna yang diluncurkan memiliki sistem dua warna, tidak satu warna seperti sebelumnya.

  1. Daihatsu Taruna Oxxy (2005)

Mobil ini merupakan penyempurnaan dari model C dan F series. Oxxy berarti penyegaran. Kapasitas mesin masih 1500 cc dengan sistem full injeksi. Ada perubahan tampilan dengan headlamp yang berubah, foglamp yang bervariasi dan grill yang dilapisi krom. Ditambahkan juga spoiler dan body kit sesuai dengan warna mobil. Spion masih menggunakan sistem lipat elektronik. Velg menggunakan ring 16 inci dengan aluminium alloy.

Pada tahun 2006, produk Daihatsu Taruna resmi dihentikan. Daihatsu memproduksi Daihatsu Terios sebagai ganti daripada Daihatsu Taruna. Daihatsu Terios keluar pada tahun 2007. (iwan)

 

One Comment »

  1. ibrahim November 3, 2012 at 8:21 pm -

    ah TS ngawur,,,,, mana ada feroza berpenggerak roda depan??? ada juga feroza berpenggerak roda belakang dan 4wd (versi luar endonesa)

Leave A Response »