Mari Mengenal Suzuki Katana dan keunggulannnya

admin October 29, 2012 4


Suzuki katana keunggulan

Katana termasuk ke dalam salah satu mobil legendaris yang diproduksi oleh Suzuki. Suzuki Katana memiliki sejarah panjang dalam perkembbangan teknologi mobil di dunia, khususnya di Indonesia. Suzuki Katana adalah salah satu dari sekian banyak pelopor mobil yang berukuran kecil dan merupakan mobil yang memiliki konsep city car. Namun sebenarnya mobil ini belum bisa dikatakan sebagai city car sepenunhnya. Mobil yang berkonsep city car sepenuhnya adalah Karimun, dimana konsep yang dipakainya mengadopsi apa yang terdapat pada Suzuki Katana.

Mesin Suzuki Katana

Mesin yang digunakan dalam Suzuki Katana mayoritas adalah 1000 cc. Akan tetapi ada versi lain yang juga menggunakan mesin dengan kapasitas 1300 cc. Mesini ini sudah cukup dan sepadan dengan beban yang harus dipikul dikarenakan ukurannya memang mungil dan ringan.

Kapasitas kabin Suzuki Katana

Karena Suzuki Katana adalah mobil yang terbilang mungil, maka kapasitas ruangan yang dimiliki mobil ini terbatas dan sempit. Batas maksimal penumpang yang dapat diangkut adalah 5 orang. Hal ini memang dikarenakan mobil ini memiliki konsep minimalis yang dirancang untuk keluarga kecil yang tinggal di perkotaan.

Kemunculan Suzuki Katana pertama kali

Suzuki Katana pertama kali dirilis pada tahun 1984. Suzuki katakan ini merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari Suzuki Jimny, dimana keduanya memiliki konsep yang hampir sama dengan bentuk eksterior yang sedikit berbeda. Meskipun begitu keduanya memiliki perbedaan yang jelas sekali yakni pada bagian mesin yang digunakan. Bentuk Suzuki Jimny lebih besar dan tampak gagah dibandingkan Suzuki Katana yang kecil mungil.

Beberapa keunggulan Suzuki Katana

Meskipun berkonsep minimalis, bukan berarti Suzuki Katana tidak memiliki keunggulan. Berikut adalah salah satu keunggulan Suzuki Katana.

  1. Bentuknya kecil dan sederhana

Suzuki katana terbilang sebagai mobil yang mini sehingga tidak memerlukan lahan parkir yang luas. Dengan demikian, Suzuki Katana dapat digunakan di jalan-jalan yang sempit dan dapat dengan mudah menemukan tempat parkir.

  1. Irit penggunaan bahan bakar

Kapasitas mesin Suzuki Katana termasuk kecil, sehingga membuatnya irit bahan bakar. Perjalanan keluar kota mengkonsumsi bahan bakar dengan perbandingan 1:15. Sedangkan untuk penggunaan dalam kota masih pada angka 1:10.

  1. Perawatan sangat mudah

Teknologi mesin yang digunakan membuat perawatan mobil ini sangat mudah. Apalagi ditambah dengan spare part dari Suzuki yang sangat mudah diperoleh, maka makin memudahkan perawatan pada mobil ini.

  1. Desainnya sangat fleksibel

Mobil ini memiliki desain yang sangat cocok digunakan untuk semua kalangan usia. Oleh karena itu dapat digunakan oleh anak muda ataupun orang tua, tidak ada batasan di dalam desainnya.

  1. Sangat mudah dimodifikasi

Desain yang tidak kaku membuat Katana dengan mudah dimodifikasi. Suzuki Katana memang sangat bersahabat dengan sentuhan aksesori tambahan. Penambahan aksesori akan membuat Suzuki Katana akan tampak berbeda dengan mobil yang sejenis.

Demikian adalah ulasan kami mengenai Suzuki Katana. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.anneahira.com/suzuki-katana.htm, http://en.wikipedia.org/wiki/Suzuki_Katana

 

4 Comments »

  1. dewa July 27, 2013 at 10:09 pm -

    makasih infonya mas, buat tambah referensi soal mobil..

  2. pengki June 21, 2013 at 4:46 pm -

    setir katana susah banget buat belok belok kalo parkir radius putarnya tuh kelebaran

  3. suzuki sj rider May 31, 2013 at 2:52 pm -

    sedikit koreksi gan, suzuki jimny dan suzuki katana yang berbeda hanya pada perangkat double gardan selain itu sama persis.

  4. Onie March 31, 2013 at 11:49 am -

    Lengkap dengan detail spec mesin sj410 nya dunk..!!

Leave A Response »