Keunggulan atau Kelebihan Daihatsu New Terios

admin September 30, 2012 2


Kelebihan Daihatsu New Terios

Kelebihan Daihatsu New Terioskele

Dalam artikel mengenai pengenalan Daihatsu Terios sebelumnya, pernah kami bahas sedikit mengenai keunggulan Daihatsu New Terios. Kali ini kami akan lebih detail dalam membahas keunggulan dari Daihatsu New Terios. Keunggulan fitur mobil Daihatsu Terios yang baru adalah adanya EPS atau Electric Power Steering pada sistem kemudinya. Fitur ini membuat pengemudi mobil dapat lebih ringan, optimal dan mobil lebih mudah dikendalikan dan pengaturan bahan bakar secara elektrik. Daihatsu mengklai bahwa bahan bakar yang dikonsumsi lebih hemat sekitar enam persen dari versi Terios sebelumnya karena adanya sistem EPS tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan pilihan mobil disaat harga bahan bakar terus naik.

Termostat yang digunakan pada versi mobil ini sudah disempurnakan sehingga tidak mudah menyala pada suhu yang tidak seharusnya. Hal ini berakibat pada bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan sistem ini menjadi semakin hemat. Selain itu adanya busa isolator packing antara radiator, mesin dan kompresor membuat kinerja kompresor AC menjadi lebih ringan yang berakibat bahan bakar yang diperlukan juga berkurang. Astra Daihatsu Motor mengklaim bahwa Terios terbaru ini dapat menempuh 11,7 Km untuk bahan bakar 1 liter dengan kondisi perjalanan sehari-hari, berisikan empat penumpang dan berpendingin yang menyala. Dalam pengujian yang dilakukan oleh Astra Daihatsu, mobil ini membutuhkan bahan bakar berjenis Pertamax sebanyak 8,4 liter untuk menempuh jarak 80 Km.

Pada Daihatsu Terios Matic, hasil pengujian hanya terpaut 3 kilometer lebih boros daripada varian yang manual, yakni untuk 8,4 liter menempuh jarak 77 km. Akan tetapi dengan hasil ini, Daihatsu mengklaim bahwa varian ini termasuk irit dalam konsumsi bahan bakar sehari-hari. Namun untuk pengisian bahan bakar menggunakan jenis premium akan ada perbedaan dariapada menggunakan Pertamax. Bahan bakar Premium justru membuat kendaraan ini lebih boros dan lamban dalam hal akselerasi, tidak gesit lagi seperti saat menggunakan bahan bakar berjenis Pertamax. Hal yang lain dilakukan oleh Daihatsu pada Terios adalah menaikkan standar tekanan ban. Peningkatan tekanan ini akan membuat rolling resistance pada ban semakin rendah sehingga laju mobil semakin ringan dan bahan bakar yang dikonsumsi semakin sedikit.

Pada bagian luar mobil, pada bember, gril dan lekukan kap mesin sudah menggunakan desain yang lebih baru, sehingga terlihat lebih baik dan menawan. Tampilan lampu rem belakan mobil Terios ini mengalami perombakan yang signifikan. Yang dulunya berbentuk lingkaran, sekarang diubah menjadi kotak. Palang velg mobil Terios baru ini dibuat dari bahan alloy yang mengalami beberapa sentuhan. Palang velg dibuat lebi tegas dengan penonjolan pada garis di sudut. Suspensi Terios baru ini berbeda dnegan jenis pendahulunya, sudah lebih disempurnakan pada bagian Coli Spring dan shock absorbernya sehingga lebih nyaman bagi penumpang, terutama baris ketiga.

Perhatian utama pada Terios baru ini tentu saja ada pada kebisingan yang dialami pendahulunya. Saat ini tingkat kebisingan dalam kabin mobil ini tinggal 71,8 desibel, jauh turun daripada versi sebelumnya yang mencapai 73 desibel. Kapasitas kabin yang lebih besar juga membuat kursi baris kedua juga bisa dilipat sempurna seperti kuris baris ketiga. Meskipun banyak dilakukan perubahan yang signifikan, namun versi baru Terios ini hanya mengalami kenaikan harga sekitar 1,4 hingga 2,5 juta rupiah saja. Demikian kiranya ulasan singkat kami mengenai kelebihan Daihatsu New Terios, semoga dapat menjadi pilihan SUV untuk anda. (iwan)

 

2 Comments »

  1. pisosurit July 9, 2013 at 12:15 am -

    Apalagi TX adventure, ngirit BBM, akselarasinya oke banget

  2. nael April 24, 2013 at 5:37 pm -

    keren

Leave A Response »