Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taruna – Review Mobil

admin September 12, 2012 7


Sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu Daihatsu Taruna serta jenis-jenisnya berdasarkan tahun keluarannya. Seperti diketahui bahwa Daihatsu Taruna sudah tidak diproduksi lagi saat ini. Produksi Daihatsu Taruna sudah dihentikan sejak tahun 2005 dan digantikan oleh Daihatsu Terios yang dikeluarkan pada tahun 2007. Namun jika anda masih berminat dengan Daihatsu Taruna, anda bisa mendapatkan yang second hand atau bekas dari pemilik lain atau showroom mobil bekas. Daihatsu sendiri masih menyediakan dukungan suku cadang dan service bagi mobil jenis ini.

kelebihan dan kekurangan daihatsu taruna

Dalam suatu produk pasti ada kelebihan dan kekurangan. Hal ini adalah suatu keniscayaan. Kelebihan dan kekurangan dapat menjadi pertimbangan kita dalam membeli atau tidak membeli suatu produk. Demikian pula dengan yang terjadi pada Daihatsu Taruna, pasti juga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Ini adalah hal yang akan kita bahas saat ini.

Kelebihan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna memiliki beberapa kelebihan yang cukup akrab di telinga kita, antara lain adalah:

  1. Harga jual second masih terbilang cukup bagus dan stabil.
  2. Memiliki ruang kabin yang cukup lebar untuk ukuran Small SUV.
  3. Memiliki banyak tipe pilihan.
  4. Mobil ini masih dapat menggunakan premuim jika pembatasan BBM diberlakukan oleh pemerintah, yakni untuk mobil 1500 cc kebawah.
  5. Memiliki model yang kompak dan cukup kecil sehingga mudah mencari lahan parkir.

Kekurangan Daihatsu Taruna

Selain memiliki beberapa kelebihan diatas, tentunya Daihatsu Taruna memiliki kelemahan yang cukup membuat kita mempertimbangkan lagi pilihan untuk memiliki Daihatsu Taruna. Kelemahan ini diantaranya adalah:

  1. Penggunaan bahan bakar yang lumayan boros, terutama pada jalan yang naik turun. sebenarnya boros tidaknya mobil itu relatif, tergantung juga kemampuan pengemudinya, bila pengemudi belum mengerti bagaimana safety riding, dan asal injak gak saja, tentunya borosnya bahan bakar tidak terindarkan.
  2. Pada saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, mobil seakan tidak menjejak tanah dan terasa limbung.
  3. Pada beberapa daerah harga sparepart cukup mahal, pemesanan bisa membutuhkan waktu yang lama, hal ini dikarenakan produk ini sudah diskontinyu. di daerah surabaya masih cukup mudah mendapatkannya.
  4. Untuk yang belum injeksi, membran pada karburator merupakan bagian yang sering dikeluhkan mudah rusak sehingga mempengaruhi suplai bahan bakar ke ruang bakar. Akibat dari hal tersebut, mobil terasa berat saat pedal gas ditarik dan menjadi boros bahan bakar. Namun apabila sering dicek up, kemungkinan buruk tersebut dapat dicegah.
  5. Kaki-kaki dan peredam kejut dikeluhkan oleh pengguna cukup keras, sehingga sering dianggap seperti naik gerobak. Namun peredam kejut dapat diganti yang lebih baik dan tersedia di pasaran, namun tentu saja membutuhkan dana lebih.

Daihatsu dari jaman dulu kala memang sudah terkenal dengan sebutan mobil rakyat. Hal ini dikarenakan Daihatsu selalu unggul dalam hal harga yang tidak terlalu mahal, baik unit baru maupun bekas. Mesinnya juga terkenal awet dan perawatannya mudah. Fitur dan spesifikasinya dapat dijadikan pertimbangan, apalagi ketika anda tidak banyak melakukan perjalanan keluar kota dan selalu berada pada jalan yang mulus saja. Semoga ulasan ini membantu anda yang ingin memiliki Daihatsu Taruna. (iwan)

 

7 Comments »

  1. daihatsu taruna December 19, 2013 at 12:01 am -

    Yang paling aku suka adanya tampilan lampu belakang yang unik

  2. kanjengmami August 22, 2013 at 8:46 pm -

    pengen beud pnya nie mobil

  3. NAUFAL May 22, 2013 at 9:12 am -

    THANKS, I LOVE DAIHATSU TARUNA

Leave A Response »