Tips Menjalani Kehamilan yang Sehat

Tips Menjalani Kehamilan yang Sehat

Tips Menjalani Kehamilan yang Sehat

Tips Menjalani Kehamilan yang Sehat

Mengandung adalah anugerah bagi seorang wanita. Banyak perubahan yang biasa dirasakan oleh wanita yang sedang mengandung. Yang paling terasa perubahan fisik. Kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar, itu untuk memastikan bahwa bayi di dalam kandungan anda sehat-sehat saja. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjalani kehamilan yang sehat, diantaranya:

Banyak makan. Nafsu makan meningkat saat hamil adalah hal yang biasa. Perlu sekitar 55.000 kalori tambahan agar bayi anda tumbuh dengan sehat. Walaupun itu mungkin terlihat sangat banyak bagi anda, namun itu bukan setiap hari. Perhari anda hanya perlu mengkonsumsi kalori tambahan sebanyak 300 kalori. Ini setara dengan satu gelas susu rendah lemak ditambah dengan satu buah apel dan seiris roti. Anda tidak perlu mengkonsumsi terlalu banyak makanan di trimester awal sebab bayi masih berbentuk fetus Anda bisa makan lebih banyak saat kehamilan menginjak usia yang lebih tua. Yang paling penting adalah anda sudah memenuhi semua kebutuhan nutrisinya. Asam folat dan vitamin B mampu membuat kehamilan anda lebih sehat dan mencegah cacat fisik pada bayi. Tidak hanya mempertimbangkan jumlah kalori yang masuk, namun kualitas makanan jauh lebih penting. Pilih makanan sehat seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, dll. Hindari makanan berkalori tinggi yang tidak sehat seperti kue dan cokelat. Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin dari suplemen kesehatan. Namun apapun itu, jangan mengkonsumsi suplemen secara berlebih. Konsumsilah suplemen secukupnya sesuai dengan anjuran dokter.

Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium juga penting untuk menjalani kehamilan yang sehat. Kalsium merupakan senyawa penting yang fungsinya untuk membantu perkembangan tulang. Jika ibu hamil mengkonsumsi cukup kalsium, bayi di dalam kandungan akan tumbuh besar dan kuat. Kalsium juga baik untuk mengontrol tekanan darah pada ibu hamil. Dan yang juga penting adalah kalsium bisa membuat otot dan saraf berfungsi secara normal. Ada banyak makanan dan minuman yang bisa menjadi sumber kalsium, salah satunya adalah susus. Ibu hamil perlu meminum hingga 3 gelas susu rendah lemak setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi susu hewani atau nabati. Ini bisa terus dilanjutkan hingga bayi anda lahir. Apapun jenis makanannya, yang penting anda harus mengkonsumsi minimal 1000 mg kalsium setiap hari.

Minum air secukupnya, ini juga penting untuk menjalani kehamilan yang sehat. Minum air memiliki banyak khasiat, itu terutama karena tubuh kita sebagian besar terdiri atas air. Meminum cukup air bisa mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu air juga bisa membuat darah lebih encer sehingga mempermudah distribusi makanan ke seluruh tubuh. Ini secara tidak langsung berdampak pada kesehatan janin di dalam kandungan. Anda tidak perlu terlalu repot menakar berapa gelas sehari, yang penting adalah jangan malas meminum air.

Untuk menjaga kesehatan kandungan, makanan tinggi zat besi juga penting. Jangan konsumsi sembarang protein saat hamil. Yang terbaik untuk tumbuh kembang janin adalah lean-protein, seperti yang terdapat pada ayam (tanpa kulitnya), ikan, kacang, dll. Ini merupakan salah satu nutrisi paling penting semasa kehamilan, jadi jaga asupannya baik-baik. Konsumsi zat besi yang cukup bisa mencegah bayi lahir prematur. Ini juga penting untuk menjaga suplai oksigen ke bayi. Tidak hanya mendapatkannya dari makanan, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen jika perlu.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menjalani kehamilan yang sehat. Semoga bermanfaat untuk anda.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *