Tips menjaga kesehatan jantung kita

Tips menjaga kesehatan jantung kita

Jantung adalah adalah sebuah organ berongga yang terbuat dari otot yang berfungsi memompa darah melewati pembuluh darah dengan cara kontraksi pada irama yang berulang. Jantung juga masuk dalam klasifikasi sebagai salah satu organ tubuh manusia yang berperan aktif dalam sistem peredaran darah. Maka dari itu, jantung sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Jika jantung berhenti, maka akibatnya bisa fatal, mulai cacat hingga kematian. Untuk itu, menjaga kesehatan jantung itu wajib hukumnya. Dibawah ini adalah tips menjaga kesehatan jantung yang dapat kita lakukan dengan mudah. Kegiatan ini terkesan sederhana namun mampu membuat jantung tetap sehat. Mari kita simak satu per satu.

Tips menjaga kesehatan jantung kita

Menjaga jantung dengan bernafas teratur

Menjaga kesehatan jantung yang paling utama adalah bernafas. Hal ini dikarenakan jantung sangat dekat dengan paru-paru sehingga bernafas yang perlahan dapat mengurangi beban kinerja jantung anda. Jantung dapat bekerja lebih kuat dan efisien jika mendapat cukup oksigen.

Menjaga jantung dengan melakukan relaksasi

Relaksasi adalah aktivitas untuk menenangkan diri. Relaksasi harus dilakukan secara rutin setiap hari sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan stres yang dapat menimbulkan efek jantung bekerja lebih keras dari normal. Cara melakukan relaksasi adalah berhenti sejenak dari aktivitas anda, mengambil nafas panjang beberapa kali, meregangkan badan dan membuat tubuh anda santai. Anda juga dapat melakukan meditasi atau yoga yang baik untuk jantung.

Menjaga jantung dengan tidur malam yang cukup

Untuk anda yang pernah bergadang, apakah anda merasakan jantung anda berdetak lebih cepat? Jika ya, maka jantung anda sudah saatnya beristirahat. Jantung anda juga memiliki hak untuk dirawat dengan baik atau dia akan berhenti bekerja dan tamatlah riwayat anda. Salah satu cara merawat jantung adalah membiarkannya santai dengan kita tidur di malam hari.

Menjaga jantung dengan jalan kaki

Jalan kaki adalah aktivitas yang sangat sederhana, alami dan tidak membutuhkan biaya. Manusia sudah dianugrahi sepasang kaki untuk berjalan dimana berjalan membuat tubuh bergerak sehingga dapat melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat meringankan kinerja jantung. Selain itu jalan kaki juga membantu mengendalikan berat badan, menguatkan jantung dan menyegarkan pikiran.

Menjaga jantung dengan tidak merokok

Rokok adalah sumber dari segala racun yang tidak baik bagi kesehatan, utamanya jantung anda. Salah satunya nikotin yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tubuh anda dengan mengurangi kadar oksigen di dalam darah. Hal ini membuat jantung anda tidak mendapatkan cukup oksigen sehingga melemahkan otot jantung. Padahal di waktu yang bersamaan darah menjadi lebih kental dan beresiko terjadi penggumpalan. Maka dari itu berhentilah merokok sebelum terlambat. Setidaknya, awali dengan mengurangi konsumsinya. Memang tidak mudah dan membutuhkan kemauan serta tekad yang kuat hanya untuk mengurangi konsumsi rokok saja, apalagi berhenti merokok.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan jantung. Masih ada lanjutan bagian kedua. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *