Tips Memilih Produk Perawatan Gigi

tips memilih pasta gigi perawatan

tips memilih pasta gigi perawatan

Kita semua tahu bahwa sakit gigi itu sangat tidak menyenangkan, bahkan hanya sakit hati yang mengalahkannya. Untuk itu kita lebih baik sedia payung sebelum hujan, merawat gigi sebelum sakit. Merawat gigi tentu saja membutuhkan produk-produk yang sesuai, seperti sikat gigi, pasta gigi, obat kumur dan lain-lainnya. Semua ini dapat diperoleh dengan mudah di warung, apotek, minimarket bahkan supermarket. Produk yang tersedia begitu banyak macamnya dan kita seringkali bingung untuk memilih mana yang terbaik dan cocok untuk kita pakai sehari-hari. Kebanyakan orang mengandalkan iklan atau pengalaman sehari-hari untuk menentukan produk mana yang dibeli dan dipakai. Nah, sebenarnya seperti apa sih yang menjadi pertimbangan kita sebelum membeli produk perawatan gigi dan mulut?

Prof Dr drg Hj Melanie Soedono dalam acara Formula Masquerade Ball di Hotel Indonesia beberapa waktu lalu mengatakan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang memilih produk perawatan gigi dan mulut berdasarkan bentuk, merk dan kemasan semata. Padahal seharusnya pemilihan produk perawatan gigi dan mulut itu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing orang. Setiap orang memiliki masalah gigi yang berbeda sehingga memiliki kebutuhan yang berbeda. Kebutuhan yang berbeda tentu saja membuat kita harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Misalnya jika anda menderita gigi sensitif, tentu saja anda tidak bisa serta merta menggunakan pasta gigi biasa yang tidak didesain untuk merawat gigi sensitif. Hal semacam ini justru akan memperparah penyakit dan memperbesar penderitaan si pemakai atau menambah keluhannya.

Baru-baru ini lembaga riset Insight Asia dan Formula melakukan survei dengan responden berusia 25-35 tahun di Indonesia yang berasal dari berbagai status sosial dan ekonomi. Hasil survei menunjukkan bahwa perawatan gigi adalah kebutuhan dasar yang harus dilakukan setiap hari. Survei ini juga mengungkapkan empat hal yang mendorong orang memilih produk kesehatan gigi dan mulut, diantaranya adalah:

1. Kebersihan dan perlindungan dasar. Masyarakat dalam kelompok ini memilih produk apa saja yang dapat memenuhi keinginan mereka akan gigi dan mulut yang bersih. Diketahui bahwa Indonesia memiliki kebutuhan besar tentang hal dasar ini.

2. Menghindari masalah dengan kebutuhan khusus. Pada kelompok pengguna ini, mereka membeli produk kesehatan gigi dan mulut didasari pada kebutuhan mereka untuk merawat gigi dengan kebutuhan khusus merekamisalnya gigi sensitif, radang gusi atau radang mulut. Ada yang sifatnya temporer ada juga yang sifatnya permanen.

3. Penampilan menarik. Pada kelompok ini, pemilihan produk dental didasari pada kemampuan dalam membuat gigi putih menarik atau nafas segar sepanjang hari. Kategori ini ditempati oleh orang yang membutuhkan dukungan penampilan pada mulut.

4. Pencegahan. Kelompok ini memilih produk berdasarkan kemampuannya untuk mencegah keluhan kesehatan gigi dan mulut yang akan timbul di kemudian hari. Mereka ingin merawat giginya supaya tetap sempurna sepanjang hari.
Nah, anda termasuk dalam kategori mana?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *