Tips melancarkan proses persalinan

admin September 12, 2012 0


Banyak ibu hamil yang khawatir tentang kelancaran proses persalinannya nanti kelak. Oleh karena itu dibutuhkan informasi yang benar mengenai proses kelahiran supaya tidak terjadi kekhawatiran yang berlebihan. Informasi mengenai proses kelahiran juga harus diketahui suami, karena suami adalah pendamping ibu hamil dalam menjalani proses kelahiran. Menjadi pasangan suami istri, terutama yang baru saja menikah adalah sebuah pengalaman yang memiliki dua sisi. Ada rasa bahagia, takut, khawatir

tips lancar proses bersalin

Menjadi sepasang suami istri baru pasti sebuah pengalaman yang menawarkan dua sisi, terutama ketika sang istri hamil. Perasaan yang ada bercampur baur, seperti bahagia namun juga sekaligus takut. Antara bahagia, khawatir, gugup dan apa saja bercampur menjadi satu dan memberikan sensasi yang tidak tergantikan. Menyambut anak pertama tidak ada satupun orang yang tidak berdebar-debar. Sebagai suami, pasti banyak yang mengakui hal ini. Sama halnya dengan istri dan kedua pihak keluarga besar. Semua antusias bercampur was-was dalam hal datangnya anggota keluarga baru ini.

Semua berharap supaya kelahiran berjalan lancar. Oleh sebab itu ada baiknya anda memahami tips supaya kelahiran yang ada normal. Bidan tempat anda berkonsultasi selama kehamilan dapat memberikan sedikit panduan tentang ini. Anda juga dapat rajin mencari di internet untuk informasi yang lainnya. Semua hal ini akan membantu anda dalam menghadapi momen bersejarah itu. Beberapa informasi dibawah ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda tentang suatu keadaan yang dapat melancarkan proses kelahiran.

  1. Persiapkan bayi dalam posisi meluncur

Hal yang harus anda ketahui adalah bagaimana keadaan dan posisi bayi pada saat sebelum dilahirkan. Bayi harus berada dalam posisi meluncur, yakni kepala di bawah untuk persalinan normal. Sejak kandungan berumur 34 minggu, anda dapat melakukan latihan supaya bayi anda dalam posisi yang tepat. Caranya adalah dengan berlutut di lantai atau membungkuk dan bertumpu pada bola fitnes ataupun kursi hingga posisi lutut lebih rendah daripada bokong supaya bayi bisa turun.

  1. Menurunkan posisi bayi

Anda dapat melakukan jalan naik turun tangga untuk menurunkan bayi pada jalan lahirnya. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai kelelahan. Lakukan saja beberapa kali dalam satu hari, jangan terlalu banyak dan pelan-pelan saja. Namun yang perlu diingat adalah lakukan ini saat kandungan sudah mendekati usia kelahiran dalam hitungan hari.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Persalinan akan mudah dan singkat jika keadaan tubuh ibu hamil cukup sehat dan bugar. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi sehat dan seimbang, meminum susu, suplemen dari dokter dan cukup istirahat. Olahraga ringan setiap hari haruslah dilakukan untuk menambah stamina karena ketika melahirkan membutuhkan tenaga yang kuat.

  1. Pijat Perineum

Anda dapat melakukan pijat perineum sebelum kehamilan masuk usia 34 minggu. Pijatan ini dilakukan pada bagian antara pagina dan anus supaya area tersebut lebih lentur, siap meregang dan mengurangi resiko perobekan saat bersalin. Lakukan pemijatan sebelum mandi dengn minyak pijat yang wheatgerm. Anda juga dapat meminta suami untuk memijat.

Demikiana adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melancarkan proses melahirkan. Semoga dapat membantu ibu hamil yang sedang mencari informasi tentang tips melancarkan proses kelahiran. (iwan)

 

Leave A Response »