Tips bagi ibu yang menyusui

Tips bagi ibu yang menyusui

Tips bagi ibu yang menyusui

Tips ibu menyusui bayi

Seorang ibu yang baik pasti mendambakan untuk menyusui bayinya. Hal ini dikarenakan seorang ibu dan calon ibu sudah mengetahui pentingnya Air Susu Ibu bagi bayinya. ASI mengandung zat yang bernilai gizi tinggi dan mudah dicerna daripada zat yang terkandung dalam susu buatan atau susu formula. ASI juga selalu higienis, segar dan aman untuk bayi dengan suhu yang tepat. Untuk menghasilkan ASI yang baik, maka seorang ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Selama menyusui, seorang ibu memerlukan makanan yang cukup bergizi karena jika tidak maka produksi ASI tidak akan banyak dan kualitasnya pun tidak cukup baik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seorang ibu yang bergizi baik dapat menyusui bayinya selama enam bulan penuh. Sedangkan ibu dengan kondisi gizi yang kurang baik, sangat sedikit yang bisa menyusui bayinya selama tiga bulan saja. Dengan kondisi gizi yang buruk, seorang ibu akan memiliki daya tahan tubuh rendah dan kesehatannya mudah terganggu. Pada waktu menyusui, seorang ibu harus mengonsumsi lebih banyak cairan seperti susu, sari buah dan air. Ibu menyusui juga harus banyak memakan sayuran, buah-buahan dan makanan yang mengandung protein tinggi.

Tips menyusui untuk ibu yang bekerja

Wanita yang bekerja tentu saja harus memikirkan cara dan waktu untuk menyusui dan pekerjaan di kantor. Oleh karena itu kami berikan tips menyusui bayi bagi wanita yang bekerja. Coba disimak berikut ini:

  • Ketika bekerja di luar rumah, anda setidaknya harus melakukan tidak kali kesempatan menyusui bayi anda. Satu kali sebelum anda berangkat bekerja, lalu sore hari setelah anda bekerja dan sekali setelah anda makan malam. Namun anda juga harus siap sedia pada tengah malam bila bayi anda menginginkan.
  • Pada pagi hari sekitar jam 9, bayi pasti ingin menyusu namun anda pasti sedang bekerja dan melewatkan waktu tersebut, sedangkan payudara anda sudah penuh. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengeluarkan ASI dan memasukkannya ke dalam botol lalu disimpan ke kulkas kantor. Anda dapat menggunakan pompa khusus untuk mengeluarkan ASI. Namun pastikan pompa dan botol yang anda gunakan bersih.
  • Jika di kantor tidak ada pendingin lemari, anda dapat mengeluarkan ASI di rumah pada saat malam hari saat bayi sudah tidur. Anda bisa menyimpan dalam kulkas karena ASI dapat tahan selama 24 jam. Jadi selama anda bekerja, bayi anda tetap dapat meminum ASI.

Tips supaya mudah menyusui pada malam hari

Anda dapat memudahkan diri anda dalam menyusui bayi anda di malam hari, yakni sebagai berikut:

  • Bila anda merasa lelah, keluarkan ASI lalu masukkan ke dalam botol susu dan anda dapat memberikan pada bayi anda di malam hari saat diinginkan.
  • Menyusui bayi anda di tempat tidur dnegan posisi yang senyaman mungkin dapat dilakukan.
  • Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok bayi disamping tempat tidur bayi sehingga memudahkan anda untuk menyusui dan mengganti popok bayi.
  • Pastikan anda menyediakan air putih di samping tempat tidur anda karena pada umumnya wanita yang menyusui akan kehausan.
  • Gunakan pakaian berkancing depan yang aman untuk bayi, supaya anda dapat nyaman menyusui bayi anda.

Demikian adalah tips untuk memudahkan menyusui bagi ibu. Semoga ini bermanfaat bagi anda. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *