Tentang makanan vegetarian, manfaat dan kelebihannya

vegetarian

Gaya hidup vegetarian sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak orang yang memiliki kesadaran untuk memulai hidup sehat dengan mengatur pola makan yang baik. Makanan vegetarian ini pada dasarnya tidak menggunakan unsur daging dan sejenisnya. Makanan vegetarian menggunakan sumber daya nabati untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Ini dalam artian bahwa makanan yang dibuat tidak mengandung bahan yang berasal dari daging sapi, ayam dan lain-lainnya. Bahkan ada pula makanan vegetarian yang dibuat tanpa kandungan bawang putih dan bawang merah. Hal ini tentu saja membuat penentuan makanan vegetarian menjadi tidak mudah dan diperlukan keahlian khusus. Hingga saat ini masih ada perdebatan yang panjang diantara ahli gizi bahwa apakah vegetarian secara penuh itu baik bagi kesehatan atau tidak. vegetarian

Manfaat makanan vegetarian bagi tubuh manusia

Makanan vegetarian pada awalnya digunakan sebagai program diet bagi beberapa penderita penyakit yang diharuskan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi atau mengandung kolesterol jahat. Akan tetapi lama kelamaan makanan vegetarian menjadi kebutuhan terhadap pola makan yang sehat. Makanan vegetarian dapat digunakan untuk mengurangi kelebihan berat badan yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti serangan jantung dan darah tinggi. Diet juga dapat dilakukan dengan mengganti pola makan seperti makanan vegetarian.

Manfaat yang paling besar dari jenis makanan vegetarian adalah dapat membantu proses metabolisme tubuh. Tubuh menjadi lebih ringan dalam menjalankan fungsi pencernaan. Kerja lambung dan usus menjadi tidak terlalu berat dalam mengolah makanan karena sifat sayuran dan buah yang lebih mudah dicerna daripada daging. Proses pencernaan yang lancar ini akan membantu kelancaran sirkulasi darah dan energi dalam tubuh menjadi lebih baik lagi. Selain itu dari segi biaya, makanan vegetarian lebih murah daripada sumber hewani atau daging. Hal ini tentu membuktikan bahwa semua orang dapat mengatur pola makan yang sehat tanpa mengeluarkan biaya yang berlebih, dimana ini menunjukkan bahwa sehat tidak harus mahal.

Kelebihan makanan vegetarian

Asupan gizi dan serat yang diterima oleh tubuh dalam jumlah yang sama dengan kalori yang dihasilkan produk daging adalah salah satu dari kelebihan makanan vegetarian. Gizi yang seimbang dapat menyehatkan tubuh dan memperlancar fungsi organ tubuh. Kandungan serat dalam sayuran dan buah juga dapat mengurangi kolesterol yang ada dalam tubuh manusia. Selain itu, bahan-bahan makanan yang anda butuhkan untuk membuat makanan vegetarian juga mudah didapat dimanapun, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket besar. Bahkan saat ini banyak pula rumah makan atau jasa katering yang menawarkan menu makanan vegetarian bagi pelanggannya. Bahkan beberapa diantaranya menggunggah selera dengan mengimitasi atau meniru baik tampilan maupun rasa makanan yang menggunakan bahan dasar daging. Namun tentu saja untuk makanan yang seperti ini harganya tidak murah.

Demikian adalah sekelumit tentang makanan vegetarian, semoga bermanfaaat dalam membantu menambah pengetahuan anda tentang pola hidup sehat.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *