Tentang keracunan organofosfat

keracunan organofosfat

Apakah anda tahu apa itu organofosfat? Jika anda belum tahu, akan kami jelaskan. Organofosfat adalah zat kimia sintesis yang terkandung dalam pestisida, dimana ia berguna untuk membunuh hama yang berupa serangga, jamur dan gulma. Pestisida sendiri digolongkan menjadi tiga jenis, yakni insektisida untuk membunuh serangga, fungsida untuk membunuh jamur dan herbisida untuk membunuh tanaman pengganggu atau gulma. Penggunaan pestisida yang mengandung organofosfat dalam bidang pertanian sudah dikenal sangat luas. Organofosfat juga digunakan dalam produk rumah tangga seperti pembasmi nyamuk, kecoak dan hewan pengganggu lainnya. Tentu saja zat pembasmi ini beracun juga bagi manusia dalam kadar tertentu.

keracunan organofosfat

Ada banyak macam kasus keracunan organofosfat yang sudah diidentifikasi. Organofosfat dapat meracuni manusia melalui kulit, mata, mulut jika tertelan dan hidung jika terhirup dengan dosis berlebih. Tiap penyebab keracunan memiliki penanganan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis keracunan organofosfat.

Keracunan organofosfat melalui kulit

Keracunan organofosfat melalui kulit umumnya terjadi jika organofosfat dalam bentuk cairan. Orang yang menuang cairan tersebut menumpahkannya dan mengenai kulit. Selain itu organofosfat juga dapat meracuni kulit manusia melalui pakaian atau mencuci pakaian yang terpapar organofosfat menggunakan tangan terbuka. Gejala awal keracunan organofosfat pada kulit adalah terjadinya ruam dan iritasi pada kulit. Meskipun iritasi dan ruam bisa muncul karena penyebab lain, alangkah lebih baiknya anda segera melakukan tindakan ini:

  • Cuci dengan sabun dan air dingin bagian yang terkena organofosfat. Lebih baik lagi jika anda mandi dan membersihkan seluruh tubuh.
  • Ganti pakaian anda dengan yang lebih bersih dan jangan mencuci pakaian yang terkena organofosfat dengan tangan terbuka namun gunakan sarung tangan yang dirancang khusus untuk bahan yang berbahaya.
  • Bila tangan anda menyentuh organofosfat, segera cuci tangan anda dengan sabun dan air dingin.
  • Jika organofosfat masuk ke mata, cucilah mata anda dengan air yang mengalir paling tidak selama lima belas menit.

Jika iritasi yang terjadi cukup berat, maka kulit anda akan melepuh. Jika ini yang terjadi, maka bersihkan kulit anda dengan air dingin yang mengalir. Jangan gosok apapun yang menempel pada luka anda dan jangan mengoleskan apapun pada kulit yang melepuh. Segera tutup kulit anda yang melepuh dengan kasa steril dan segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Keracunan organofosfat yang tertelan

Organofosfat dapat tertelan karena aktivitas yang ceroboh dalam bekerja dengan zat berbahaya. Umumnya bisa saja meneguk minuman atau memakan makanan yang tercemar organofosfat. Kontaminasi ini juga dapat juga terjadi karena dengan sengaja meminum zat kimia organofosfat cair dengan maksud bunuh diri. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Jika orang tersebut pingsan, baringkan posisinya menjadi miring dan telepon ambulans atau layanan darura.
  • Pastikan orang tersebut masih dalam kondisi bernafas. Jika tidak, maka segera berikan nafas buatan, namun sebelumnya gunakan masker atau kain untuk mengindari organofosfat meracuni anda.
  • Cek kemasan organofosfat yang meracuninya, apakah jenis tersebut harus dimuntahkan atau tidak. Jika tidak boleh dimuntahkan maka beri orang tersebut tumbukan daun yang beraroma kuat seperti seledri, bawang atau kemangi dicampur dengan air hangat. Tambahkan karbon aktif untuk menyerap racun dalam tubuhnya.
  • Jika ambulans atau layanan darurat sudah datang, serahkan kepada mereka untuk dibawa ke rumah sakit.

Keracunan organofosfat yang terhirup

Seorang yang mengalami keracunan organofosfat dengan cara terhirup dalam jumlah yang cukup besar akan merasa pusing, mual dan batuk-batuk. Jika ini terjadi, maka harus segera ditangani dengan menyingkirkan orang tersebut dari sumber keracunan. Taruh orang tersebut di tempat terbuka yang udaranya bersih. Berikan minum susu atau air sebanyak-banyaknya. Jika pusing tidak hilang dalam 10 menit, segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *