SuperFood – Makanan Super untuk Menjaga Kesehatan

Makanan Super untuk Menjaga Kesehatan

Makanan Super untuk Menjaga Kesehatan

Superfood adalah istilah untuk makanan yang mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Beberapa makanan bahkan mengandung nutrisi yang cukup untuk membantu kita menyediakan nutrisi sehari-hari. Superfood membantu pembentukan tulang, menjauhkan kita dari penyakit fatal, pemeliharaan organ penglihatan kita, dan juga untuk ketajaman kita dalam berpikir. Tidak hanya membangun tubuh Anda, makanan super ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Superfood yang baik harus memiliki cukup nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tapi mengandung rendah lemak. Karena dalam kehidupan modern, sangat mudah untuk mendapatkan lemak dalam makanan yang kita makan seperti makanan cepat saji, makanan ringan, soda, dll Sebaliknya, kita sering mengabaikan nutrisi lain yang membantu kita untuk tetap sehat. Pada artikel kali ini akan dijelaskan daftar makanan super yang disandur dari health.com, makanan ini dapat menyediakan nutrisi yang cukup berharga untuk tubuh Anda dan yang paling penting adalah rendah lemak.

Kacang Hitam

Kacang hitam merupakan salah satu makanan super yang mengandung protein. Secangkir sayuran hitam ini mengandung protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein kita setiap hari. kacang hitam ini tidak mengandung lemak yang biasanya ditemukan pada bahan makanan lain yang mengandung protein seperti daging merah.

Gandum

Bahan makanan berikutnya adalah Gandum. Gandum secara luas dikenal sebagai makanan yang membantu tubuh kita mencegah penyakit jantung melalui kemampuannya untuk menyerap kolesterol jahat yang bisa mengganggu pembuluh darah. Hal ini karena gandum mengandung kaya serat. Serat juga membantu kita tetap berenergi sepanjang hari, inilah sebabnya gandum terkenal sebagai makanan yang dapat membantu kita menurunkan berat badan kita. Hanya dengan mengkonsumsi 4,6 gram setiap hari di pagi hari dapat membantu metabolisme tubuh bekerja lebih efektif dan membakar lemak. Saat ini telah banyak produk yang menawarkan gandum sebagai alternatif untuk sarapan Anda selain sereal.

Alpukat

Makanan super selanjutnya adalah alpukat. Alpukat tentu saja mengandung lemak, tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika lemak baik. Lemak yang terkandung dalam alpukat dapat membantu Anda mencegah rasa lapar. Hal ini disebabkan oleh zat bernama asam oleat dan lemak tak jenuh tunggal atau MUFA, lemak sehat yang dapat ditemukan dalam alpukat. Makanan super ini juga mengandung cukup protein dan serat. Cobalah untuk mengkonsumsi setiap hari sebagai buah segar atau jus.

Ikan salmon

Untuk pecinta daging merah, jangan khawatir, kini Anda bisa mengganti daging merah dengan ikan salmon, bahan makanan sehat. Salmon akan memasok tubuh Anda dengan protein yang cukup berharga tanpa menambah lemak sama sekali. Ikan secara luas dikenal sebagai sumber protein, namun salmon memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada protein ikan lainnya. Seperti alpukat salmon juga kaya akan MUFA (Monounsaturated Fatty Acid / Asam Lemak tak jenuh tunggal). Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi MUFA saat diet lebih efektif dibandingkan diet yang hanya mengonsumsi makanan rendah lemak.

Blueberry

Selain Alpukat ada bulan lain yang dianggap sebagai makanan super, yaitu blueberry. Blueberry ini terkenal sebagai buah yang mengandung zat anti penuaan. Sajikan blueberry pada keluarga ketika menonton TV, bersantai, membaca buku daripada untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Blueberry juga akan membuat Anda kenyang sehingga dapat membantu untuk diet.

Brokoli

Brokoli dapat dimakan saat masih mentah atau telah dimasak, brokoli merupakan sayuran yang dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah tubuh kita terkena kanker. Dengan kandungan serat besar dan rendah kalori, brokoli merupakan salah satu jawaban untuk menurunkan lemak.

Jika beberapa makanan super di atas sulit untuk didapatkan di daerahmu, jangan khawatir masih ada beberapa makanan super lainnya yang bisa menjaga kesehatan kamu. Makanan tersebut yaitu almond, teh hijau, kacang, pisang, telur, chocholate gelap, jeruk, kentang, kacang pinus, kacang putih, keju, susu rendah lemak, kacang garbanzo, mutiara jelai, quinoa, buah  pisang, buah pir, dan buah jeruk.

Itulah penjelasan beberapa makanan super yang mudah di dapatkan di sekitar kita. semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu dan semoga kita semua dapat menjaga kesehatan dengan baik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *