Home / Kesehatan / Sumber Protein Terbaik untuk Membangun Otot

Sumber Protein Terbaik untuk Membangun Otot

Sumber Protein Terbaik untuk Membangun Otot

Jika ingin membangun otot, maka protein adalah nutrisi yang paling penting. Memang tubuh memerlukan banyak nutrisi, namun jika fokus anda adalah untuk membesarkan otot, maka konsumsilah makanan berprotein. Saat anda berlatih keras di gym, yang terkena dampaknya adalah otot anda. Setiap mengangkat beban, serat otot akan terpecah. Dan untuk menggantikan dan membangun serat otot tersebut, protein adalah salah satu sumber terpenting.

Sumber Protein Terbaik untuk Membangun Otot

Kali ini kita akan membahas beberapa sumber protein yang baik untuk membangun otot. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih protein. Yang pertama adalah anda perlu memilih sumber protein lengkap, yaitu yang mengandung 8 asam amino esensial. Asam amino esensial tidak bisa diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu anda harus mendapatkanya dari luar. Tips kedua adalah pilihlah protein yang mudah diserap oleh tubuh. Misalnya sebuah makanan mengandung 30 gram protein. Jika daya serapnya rendah, maka yang benar-benar masuk ke tubuh hanya setengahnya saja. Tips penting lainnya adalah pilihlah lean protein atau protein rendah lemak. Lemak memang diperlukan oleh tubuh, namun tidak dalam jumlah yang besar. Oleh sebab itu anda harus memperhatikan asupan kalori agar tidak berlebihan.

Ada beberapa sumber protein yang memenuhi kriteria di atas, yaitu:

Telur. Bagaimanapun anda mengolahnya, baik digoreng, direbus, atau didadar, telur tetap menajdi sumber protein yang baik untuk membangun otot. Ini adalah salah satu protein terbaik yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun banyak orang menghindari kuning telur karena mengandung kolestelor. Faktanya kuning telur mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Kolesterol yang terdapat di dalam kuning telur tidak berdampak signifikan terhadap kadar kolesterol di dalam darah.

Daging merah juga merupakan sumber protein yang baik untuk membentuk otot. Daging biasanya mengandung kreatin, seng, dan vitamin B yang penting untuk mengembangkan massa otot. Ada berbagai macam daging, namun sebaiknya anda hanya mengkonsumsi daging rendah lemak. Jika anda suka daging unggas seperti ayam, bebek, kalkun, dll, anda bisa terus mengkonsumsinya karena ini juga merupakan jenis daging rendah lemak. Unggas biasanya mengandung protein berkualitas tinggi, oleh sebab itu anda bisa mengkonsumsinya setiap hari. Tidak hanya bagi anda yang sedang membentuk otot, namun daging merah dan unggas juga bisa dihindangkan untuk seluruh anggota keluarga agar mereka lebih sehat.

Seafood juga termasuk sumber protein berkualitas tinggi. Hampir semua jenis ikan memiliki kandungan protein yang berguna untuk tubuh. Salmon, hering, tuna, dll, semuanya bisa dimasukkan ke dalam menu harian anda. Kerang, lobster, kepiting, dan seafood lain juga merupakan sumber protein yang baik.

Sapi bisa dimakan dagingnya, namun susunya juga bisa menjadi alternatif sumber protein. Satu gelas susu mengandung sekitar 8 gram protein. Susu memiliki citarasa yang lezat, jadi anda bisa meminumnya tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Namun proses pasteurisasi tetap diperlukan untuk membunuh organisme merugikan seperti protozoa, kapang, bakteri, virus, dll. Ini agar susu yang anda minum tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Nah, itu tadi beberapa sumber protein terbaik untuk membangun otot.

About admin

Check Also

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba Hidup panjang umur adalah dambaan semua orang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *