Stadium dan cara penyembuhan kanker ginjal

stadium kanker ginjal

stadium kanker ginjal

Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu kanker ginjal. Kanker ginjal sendiri adalah penyakit kanker yang menyerang organ ginjal, baik salah satu ataupun keduanya. Seperti pada umumnya kanker, penyakit kanker ginjal memiliki stadium tertentu.

Stadium penyakit kanker ginjal

Dalam penyakit kanker ginjal, ada empat tahapan perkembangannya, yakni sebagai berikut:

  1. Stadium I

Stadium awal ini berada pada saat tumor berukuran kurang dari 7 sentimeter. Sel kanker ginjal tidak lebih besar dari sebuah bola tenis dan hanya berada di ginjal saja.

  1. Stadium II

Sel tumor pada stadium ini sudah lebih besar daripada 7 sentimeter, namun sel kanker masih berada di ginjal. Sehingga penanganannya dilakukan secara lokal saja.

  1. Stadium III

Pada stadium ini, tumor tidak meluas di sekitar ginjal namun menyebar melalui sistem getah bening. Dengan kata lain bahwa tumor telah menyerang kelenjar dan jaringan lemak pada daerah ginjal.

  1. Stadium IV

Pada stadium ini, tumor telah meluas ke jaringan berserabut yang mengelilingi ginjal, sel kanker sudah ditemukan pada lebih adri satu simpul getah bening.

Cara penyembuhan penyakit kanker ginjal

Setiap penyakit pasti ada upaya untuk penyembuhannya, demikian juga penyakit kanker ginjal. Teknik penyembuhannya antara lain adalah:

  1. Operasi pembedahan

Operasi adalah perawatan umum pada kanker ginjal. Umumnya operasi akan dilakukan dengan mengangkat salah satu organ ginjal. Operasi pengangkatan ini disebut dengan nephrectomy.

  1. Arterial Embolization

Cara ini adalah terapi untuk menyusutkan tumor dnegan menyuntikkan suatu senyawa ke dalam pembuluh darah untuk menghalangi aliran darah ke ginjal. Halangan ini akan mencegah tumor menjadi tumbuh lebih besar.

  1. Terapi radiasi

Pengobatan ini menggunakan sinar radiasi untuk membunuh sel kanker pada ginjal.

  1. Terapi biologi

Terapi ini adalah metode penyembuhan menggunakan kemampuan alami tubuh manusia yakni sistem imunitas untuk melawan kanker. Hal ini dilakukan dengan menambah sel imun sehingga dapat menyerang sel kanker.

  1. Kemoterapi

Cara ini adalah dengan memasukkan obat-obatan kimia ke dalam tubuh supaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini umumnya dilakukan setelah terjadi pembedahan untuk menghancurkan sisa sel kanker yang ada. Kemoterapi tentu saja memiliki efek samping yang tidak menyenangkan sehingga cara ini seringkali dihindari oleh banyak pasien pengidap kanker.

Ada pengobatan terbaru yang bekerja dengan cara merusak kestabilan sel kanker ginjal di level DNA. Hal ini meminimalisir sel kanker menggandakan diri. Namun pengobatan jenis ini masih baru dan dalam taraf penelitian. Belum ada percobaan pada manusia secara langsung. Semakin maju teknologi, diharapkan semakin banyak alternatif untuk menyembuhkan penyakit kanker. Namun alangkah lebih baiknya jika kita menjaga kesehatan ginjal sebelum terkena kanker. Minum air putih yang banyak, pola makan sehat dan olahraga teratur adalah satu hal klasik yang dapat kita lakukan untuk menjaga ginjal kita.(iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *