Siklus Menstruasi Dan Masa Subur Wanita

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi pada wanita pada umumnya terjadi setiap 28 hari, namun ada pula yang 21 hari dan 30 hari. Pada hari pertama sampai hari ke-14 terjadi perkembangan dan pertumbuhan folikel primer menjadi folikel graaf yang dirangsang oleh hormon FSH. Selanjutnya, sel oogonium berkembang membelah secara meiosis sehingga dihasilkan sel telur haploid (N). Pembelahan meiosis merupakan pembelahan yang terjadi pada alat-alat reproduksi dimana 1 sel induk (2n) membelah menjadi 4 sel anak dengan jumlah kromoson sel anak merupakan setengah dari jumlah kromoson sel induk.

Siklus Menstruasi

Folikel juga menghasilkan hormon estrogen yang merangsang keluarnya Luteinizing Hormin (LH) dari kelenjar hipofisis, merangsang perbaikan dinding uterus yang terkelupas pada waktu menstruasi sebelumnya, dan menghambat pembentukan Follicle Stimulating Hormon (FSH). Pada hari ke-14 sampai hari ke-28 folikel graaf yang telah masak dirangsang oleh hormon LH sehingga terjadi ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan satu sel telur dari ovorarium dan terjadi sebulan sekali.

Hormon LH juga merangsang folikel yang telah kosong sehingga berubah menjadi badan kuning (korpus luteum). Badan kuning menghasilkan hormon progesteron yang berfungsi mempersiapkan endometrium untuk menerima embrio serta menghambat pembentukan hormon FSH dan LH. Hormon progesteron adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar kelamin wanita yang berguna untuk mempersiapkan uterus untuk menerima embrio.

Keberadaan hormon progesteron mengakibatkan badan kuning mengecil dan akibatnya menghilang sehingga pembentukan progesteron juga terhenti. Sebagai akibatnya, endometrium akan mengering, selanjutnya mengelupas, dan terjadilah pendarahan atau yang kita kenal dengan nama menstruasi. Mentruasi terjadi pada hari ke-28 dari siklus ini. Karena hormon progesteron sudah tidak ada, maka hormon FSH mulai terbentuk dan kembali terjadi proses oogenesis. Demikian seterusnya.

Berdasarkan penjelasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa wanita memiliki masa subur pada hari ke-14 sejak berlangsungnya datang bulan (menstruasi) dan berlangsung selama kurang lebih satu minggu. Perhitungan masa subur wanita ini bermanfaat dalam hal perencanaan kelahiran anak melalui program Keluarga Berencana (KB). Semoga artikel yang membahas siklus menstruasi ini bisa menambah wawasan Anda mengenai kesehatan wanita.

Referensi: http://biohealthworld.com/

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *