Sejarah dan manfaat tanaman Ginseng

Sejarah dan manfaat tanaman Ginseng

Sejarah dan manfaat tanaman Ginseng

Ginseng adalah akar dari tanaman Panax. Meskipun ginseng yang terkenal adalah ginseng Korea, namun justru sejarah ginseng bermula di China pada masa Dinasti Han. Saat itu ginseng lebih berharga daripada emas. Ginseng diyakini secara gaib dapat membawa kesehatan, kesuburan dan umur panjang. Pada masa itu, hanya bangsawan yang boleh memilikinya. Jika ada masyarakat kelas bawah yang kedapatan mengkonsumsi ginseng, bisa jadi mereka dihukum mati. Ginseng digunakan sebagai perawatan kesehatan di China. Ramuan kesehatan dengan ginseng masuk ke dunia barat sebagai obat kuat. Ginseng umumnya dibuat sebagai tonik untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hingga kini ginseng masih dihargai di seluruh dunia sebagai sebuah bahan yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan.

Praktisi ramuan tradisional China mengerti dan menghormati adanya dukungan pada kesehatan manusia. Perawatan kesehatan tradisional China dan di beberapa negara Asia ada pada penggabungan aspek fisik, pikiran dan jiwa. Maka dengan itu dapat diperoleh aspek kesehatan secara keseluruhan. Tentu saja ini didukung oleh ginseng yang dipercaya dapat menjauhkan dari penyakit. Ginseng diketahui mengandung adaptogenik atau sumber energi dan pemulih alami. Penggunaan ginseng untuk kesehatan dapat membantu daya tahan fisik, mental dan emosi. Ginseng yang mengandung adaptogen dapat menaikkan kekebalan tubuh dari dalam. Keseimbangan alami antara luar dan dalam inilah yang membuat manusia selalu sehat.

Manfaat ginseng antara lain:

  1. Ginseng dapat mengurangi depresi karena kandungan dalam ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan mental, menghilangkan kelelahan dan mengandung antidepresan. Oleh karena itu seseorang bisa menjadi lebih rileks jika mengkonsumsi ginseng. Jika sedang stress, orang akan lebih banyak mengeluarkan adrenalin, sehingga dapat memicu ganggunan kesehatan.
  2. Kandungan dalam ginseng dapat merangsang sistem kekebalan dan sistem saraf karena kemampuannya dalam meningkatan kekebelan tubuh. Ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang karena mengandung zat adaptogeni yang membuat seseorang awet muda.
  3. Ginseng dapat membantu mengatasi penyakit flu dan penyakit infeksi lainnya.
  4. Ginseng dapat digunakan sebagai obat diabetes karena dapat menurunkan kandungan gula darah dalam darah. Namun jangan barengi konsumsi ginseng dengan obat antidiabet karena justru membuat kandungan gula dalam darah menjadi sangat rendah. Ada baiknya anda konsultasikan dulu dengan dokter.
  5. Ginseng bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah perkembangan sel kanker. Sel-sel yang normal dapat terhambat perkembangannya oleh kandungan dalam ginseng.
  6. Ginseng dapat meningkatkan vitalitas dan stamina tubuh, bisa dibilang ginseng menjadi semacam tonik stimulan. Selain itu ginseng juga dapat digunakan sebagai obat kelelahan karena mengandung adaptogenik.
  7. Mengurangi rasa nyeri di dada pada masuk angin, merangsang biokimia dalam tubuh sebagai pereda stress dan memperbaiki fungsi paru-paru.
  8. Ginseng dapat mempengaruhi kesuburan manusia, terutama pria karena dapat meningkatkan kadar hormon testosteron sehingga dapat memproduksi lebih banyak sperma. Sedangkan bagi wanita, ginseng dapat menghambat terjadinya menopause dan nyeri pada saat haid.

Demikian adalah sebagian kecil manfaat dari ginseng. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://indonesia.binghan.com/learning-centre/the-history-lore-of-ginseng/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *