Perbedaan Kandungan Gizi Jus buah dengan Buah Asli utuh, Bagus mana

perbedaan gizi jus buah dengan buah asli

Jus Buah VS Buah asli, bagus mana ?

Jus buah adalah minuman yang bahannya dari buah yang dihancurkan sampai lembut atau diblender, pembuatan jus umumnya ditambahkan air dan gula atau es batu agar menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan.

perbedaan gizi jus buah dengan buah asli
foto jus buah

Karena bahan dasarnya adalah buah, kebanyakan masyarakat menggangap jus memiliki kandungan gizi dengan buah aslinya, sehingga muncul pula anggapan jika meminum jus berarti akan mendapatkan manfaat sama ketika memakan buah yang masih utuh atau masih fresh. Jus dan buah asli memang memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Namun menurut sidomi, sebenarnya buah fresh atau utuh lebih bermanfaat dari pada jus buah.

 Pernyataan di atas tidak menyimpulkan bahwa jus tidak baik. Namun kita harus benar-benar teliti pada kandungan kalori yang ada di dalam jus, dan bisa memastikan bahwa asupan kalori secara keseluruhan baik bagi tubuh kita.  Karena saat ini banyak orang yang kebutuhan gizi dari sayur dan buah untuk tubuhnya belum tercukupi, namun menganggap jika meminum jus dapat mengantikan porsi gizi tersebut.

 Tidak ada yang salah dengan jus  buah, selama jus tersebut mengandung buah asli 100 %. Namun perlu diketahui bahwa saat ini tidak sedikit produsen pembuat jus sering mencampurkan bahan-bahan tambahan lain untuk memotong biaya produksi. Mereka membuat jus buah dalam kemasan dengan kandungan buah yang sedikit dan menambahkan banyak gula dalamnya untuk memberikan rasa yang enak.

 

Buah utuh mengandung serat alami

Kandungan nutrisi pada jus buah memang sama dengan kandungan nutrisi pada buah asli atau buah utuh.  Namun pada jus buah sudah tidak mengandung serat yang bisa membantu pencernaan dan penyerapan gula alami, yang umumnya ditemukan pada buah utuh.

manfaat serat alami buah
manfaat serat alami buah

Serat pada buah asli juga sangat penting untuk memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Sedangkan pada minuman jus buah tidak akan memiliki efek yang sama, justru akan membuat mudah lapar

Inilah sebabnya mengapa kita juga disarankan untuk makanan sayur-sayuran yang juga mengandung serat. Serat sangat juga bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah, mencegah terjadinya batu empedu, serta bisa mengurangi penyerapan gula sehingga memungkinkan menyembuhkan penyakit diabetes.

Semoga sedikit artikel yang membahas tentang perbedaan gizi jus buah dan buah asli di atas bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu di bidang kesehatan. Dan menjadi lebih bijaksana, mengerti kapan saatnya minum jus buah dan kapan saatnya makan buah asli atau utuh.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *