Penyebab terlambat menstruasi

admin September 16, 2012 0


penyebab terlambat menstruasi

Menstruasi atau yang dikenal dengan istilah lain sebagai datang bulan atau haid. Wanita di seluruh dunia tidak asing dengan bahasan ini. Hal ini dikarenakan bahwa menstruasi pasti dialami oleh sebagian besar wanita yang memasuki masa remaja di seluruh dunia sebagai tanda bahwa wanita tersebut subur.

Pemahaman yang baik tentang menstruasi sangat penting bagi wanita pada umumnya. Meskipun menstruasi memiliki nama lain yang cukup banyak sesuai dengan pemahaman masyarakat, namun dapat diketahui bahwa menstruasi adalah sebuah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita. Menstruasi dapat dikatakan terlambat atau berlebihan karena memiliki batasan tertentu. Jika lancar dan normal, menstruasi akan terjadi secara berkala dalam satuan waktu 28 hari. Hormon reproduksi sangat berpengaruh terhadap menstruasi karena menstruasi memang berkaitan dengan reproduksi dan kesuburan wanita. Wanita usia remaja hingga dewasa akan mengalami menstruasi sampai saatnya menopause. Dalam hal menstruasi, masing-masing wanita tidak memiliki siklus yang sama.

Rata-rata siklus menstruasi wanita terjadi setiap 28 hari, dan terjadi selama 7 hari. Namun tidak semua wanita memiliki siklus seperti dalam teori. Dalam menstruasi, wanita kehilangan darah sekitar 10mL hingga 80mL per hari yang mana darah yang dikeluarkan ini adalah hasil peluruhan dari dinding rahim dan sel telur. Darah ini sering dinamakan darah kotor. Wanita memakai pembalut untuk menampung darah yang keluar. Pembalut yang dikenakan harus diganti minimal dua kali sehari. Tujuannya tentu saja untuk mencegah terjadinya infeksi pada bagian kewanitaan.

Masalah keterlambatan menstruasi

Masalah pada menstruasi adalah jika datangnya terlambat. Istilahnya terlambat datang bulan. Jika penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, maka akan menimbulkan kekhawatiran. Keterlambatan datangnya menstruasi dialami oleh sebagian besar wanita yang baru mengalami menstruasi. Siklus menstruasi yang dialami oleh wanita di dunia ini berbeda-beda satu dengan lainnya. Oleh karena itu sangat wajar jika muncul istilah telat menstruasi. Langkah yang harus dilakukan adalah harus segera menemukan penyebab dan solusinya. Wanita juga harus waspada jika menstruasinya lebih lama terjadi. Menstruasi yang melebihi batas normal yakni 2 minggu atau empat belas hari juga perlu diwaspadai. Tentu saja ini akan membuat menstruasi berikutnya tidak tepat atau kacau. Baik terlambat atau terlalu lama harus tetap diwaspadai.

Memang pada wanita yang bersuami, telatnya menstruasi sangat ditunggu. Tentu saja telatnya Hubungan antara menstruasi dan kesuburan wanita memang sangat erat. Kesuburan ini dapat dinilai dari siklus menstruasi seorang wanita. Jika menstruasi mengalami keterlambatan, maka hal tersebut belum dapat dikatakan langsung ada tanda-tanda hamil. Semuanya butuh tes yang baik, teliti dan dipastikan oleh dokter. Ada yang menganalisa bahwa ada penyakit jika mengalami telat menstruasi. Oleh karena itu, sebaiknya kaum wanita tidak langsung merasa khawatir apabila menstruasi mengalami keterlambatan. Jika telat menstruasinya berulangkali, maka harus dilakukan tindakan cepat. Tindakan ini adalah memeriksakan diri pada dokter ahli dalam bidang ini. Dengan adanya pemeriksaan ini, maka penyebab menstruasi akan diketahu dan bisa segera diatasi.

Telatnya menstruasi baru dapat disimpulkan secara pasti dari hasil tes laboratorium sebagai upaya dalam memastikan kondisi tubuh seorang wanita. Hasil tes laboratorium juga dapat memudahkan seorang dokter ahli dalam menentukan langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi keluhan pasiennya tersebut.

 

Leave A Response »