Penyebab Penyakit Batuk dan Jenisnya Apa Saja

admin July 20, 2012 0


penyebab batuk

Batuk memang sangat mengganggu aktivitas kita karena akan membuat tubuh kita tidak bisa melakukan sesuatu secara normal. Batuk seringkali dianggap sebagai penyakit, padahal batuk bukanlah penyakit tapi indikasi adanya penyakit. Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernafasan. Batuk adalah reaksi yang terjadi akibat adanya iritasi pada tenggorokan karena makanan, lendir, debu, asap dan benda asing lainnya. Pada saat batuk, laring atau kotak suara akan menutup sesaat, otot perut dan dada berkontraksi dan meningkatkan tekanan terhadap paru-paru hingga dapat menggerakkan udara bertekanan tinggi ketika laring dibuka kembali. Ledakan udara bertekanan tinggi inilah yang menyikat dan membersihkan saluran nafas dari benda asing.

Ada beberapa jenis batuk yang dialami oleh manusia. Tentu hal ini wajib kita ketahui karena ini menentukan obat apa yang akan kita minum. Batuk berdasarkan tingkat keparahannya adalah:

Jenis Batuk

Batuk akut, yakni batuk yang terjadi selama 14 hari atau kurang dan berjalan terus menerus.
Batuk kronis, yakni batuk yang sudah terjadi tiga bulan berturut-turut. Umumnya ini adalah indikasi adanya penyakit asma, TBC atau pertusis. Sedangkan jika dilihat dari keadaan dahak, batuk dikategorikan batuk berdahak dan batuk kering. Batuk kering menyebabkan perut sakit ketika batuk terjadi. Batuk dapat disebabkan banyak hal, diantaranya:

Penyebab Batuk

  • Penyebab paling umum yang terjadi adalah ISPA atau infeksi saluran pernafasan atas atau flu. Batuk seperti ini kurang dari tiga minggu.
  • Menghisap rokok baik aktif maupun pasif dapat terserang batuk karena asap rokok yang masuk ke paru-paru sehingga menyebabkan resistensi.
  • Masuknya benda asing dalam saluran pernafasan atau tersedak. Hal ini terjadi umumnya ketika makan atau tidur dengan mulut terbuka dimana serangga secara tidak sengaja masuk ke dalam mulut dan masuk ke tenggorokan.
  • Alergi juga dapat memicu terjadinya batuk, umumnya adalah alergi debu atau alergi dingin.
  • Pengidap asma atau tuberculosis (TBC) juga batuk-batuk, terutama di malam hari. Hal ini dikarenakan adanya lendir yang dihasilkan oleh bakteri di dalam paru-paru penderita.
  • Refluks gastro-esofagus atau asam lambung yang naik ke kerongkongan lalu masuk ke tenggorokan, umumnya ini terjadi ketika seseorang muntah atau kelebihan asam lambung.
  • Kerusakan syaraf pengendali pita suara atau chordpalsy vokal dapat menyebabkan batuk.
  • Penggunaan obat-obatan bagi penderita penyakit jantung menyebabkan peningkatan produksi lendir pada kelenjar di hidung yang dapat menuju ke tenggorokan hingga menimbulkan batuk.

Mengobati batuk tentu saja harus dilakukan dengan mengobati sumber penyebabnya. Namun juga ada obat yang digunakan untuk melegakan tenggorokan dan menekan syaraf atau daerah yang menyebabkan batuk, asalkan penyebabnya bukan benda luar yang masuk ke dalam paru-paru. Obat jenis ini dinamakan efedrin. Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak batuk maka energi seseorang akan terkuras habis. Energi ini tentu sangat diperlukan bagi penyembuhan penyakit yang menyebabkan batuk tersebut. (iwan)

 

Leave A Response »