Penyebab Gejala Penyakit Asma, Cara Pengobatan dan Pencegahannya

admin June 2, 2012 15


Asma bukanlah penyakit, tetapi suatu gejala penyakit. Apabila seseorang terkena asma ia akan mengalami susah bernafas karena jalan nafas masuk dan keluar dari paru-paru terhambat. Hambatan ini disebabkan karena terjadi penyempitan alat pernafasan. Apabila seseorang terserang asma, nafasnya menjadi pendek-pendek, dan seringkali penderita asma terbatuk-batuk. Serangan asma mungkin terjadi secara perlahan-lahan atau tiba-tiba saja datangnya.

Penyebab Gejala Penyakit Asma

Cara menghindari gejala penyakit asma adalah mencari sebab dan menghilangkan yang menjadi penyebab itu. Sebab terjadinya gejala asma bisa karena alergi, gangguan emosi, ataupun kondisi udara. Apabila orang yang terserang gejala penyakit asma berumur di bawah 30 tahun, biasanya hal itu disebabkan oleh alergi. Penderita asma mungkin tidak tahan terhadap debu, binatang, makanan, ataupun obat tertentu yang kontak dengannya.

Memang kadang-kadang debu bisa menyebabkan asma. Anak-anak yang terkena asma mungkin karena tidak tahan terhadap makanan yang terbuat dari telur, susu, dan gandum. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan dari debu harus diperhatikan orang tua dengan baik. Hal ini sering diabaikan oleh para orang tua yang hidup di daerah pedesaan sehingga pada masa panen padi, putra mereka terkena serangan asma.

Pengobatan Dan Pencegahan Asma

Dokter telah mengetahui bahwa serangan asma mungkin juga disebabkan karena kekacauan emosi. Misalnya, saat seseorang mempunyai permasalahan keluarga atau keuangan maka gejala penyakit asma bisa kambuh. Mungkin juga kekacauan emosi itu disebabkan oleh perasaan yang tidak dikehendaki atau dicintai. Tekanan mental dan beban pikiran bisa mempengaruhi kesehatan mental dan saluran pernapasan seseorang.

Diagnosa dokter sangat penting dalam pengobatan gejala penyakit asma. Tim medis akan mencatat data yang terperinci dan lengkap dari keluhan si penderita. Analisa dokter akan memeriksa kebiasaan makan, kesehatan, dan lingkungan tempat tinggal si penderita. Apabila ada perubahan sedikit tentang hal di atas akan diteliti apakah perubahan itu yang menyebabkan asma.

Serangan asma mungkin kambuh setelah mengunjungi keluarga yang memelihara anjing, atau setelah berkunjung ke pantai, atau setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Orang yang terserang asma biasanya diberi makanan khusus oleh dokter. Makanan tersebut tentu saja yang tidak menyebabkan penderita asma mengalami alergi. Semoga informasi kesehatan ini bisa berguna untuk Anda.

Referensi: http://www.news-medical.net/health/Asthma-Symptoms-(Indonesian).aspx

 

15 Comments »

  1. neneng Fitrina November 24, 2012 at 9:50 am -

    Apakan epek samping dari seringnya menggunakan ventoling inheler…… Apakah penyakit Atsma yang saya derita akan menurun kepada anak saya.

  2. Dewi November 13, 2012 at 9:38 pm -

    .pRmisi..sya sring mngalami ssah brnafas apa lg stlah brada dtmpat dngin,n ksulitan itt biasa.a hlang stlah bbrapa hari,,n mungkin kah sya trkna asma krena ibu sya mmpunyai pnyakit asma

  3. Mega October 24, 2012 at 7:59 pm -

    permisi nih,,saya mw tny..saya sulit nafas klo udh kena m yg nama’y asep m debu..
    awal’y batuk2 trs pas nafas serasa da yg neken dan berat..apa itu asma??
    ada yg blg asma m sesak nafas itu beda??itu gmn y??mohon penjelasan’y..

  4. Rando Papuas October 22, 2012 at 1:38 pm -

    adakah pengobatan alami dalam penyakit asma?

  5. Imoel_konoha August 21, 2012 at 10:23 pm -

    mgkn gk terserang asma disebabkan krn msuk angin atau maag? Soal nya saya pernah ngalami dsaat puasa perut saya kembung abis bw mtor gk pke bju dalaman pas smpe rmh prut saya sakit n nyesak k hulu hati n ke dada,sangkin bnyak nya angin yg nyesak k da n paru” saya jd sulit brnafas n batuk,tp saat saya tdr miring n angin nya gk mengenai paru” saya tdk bgitu ksulitan brnafas..
    Gmn tu gan ??

Leave A Response »