Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Lepra

admin March 24, 2012 3


kulit sehat
Lepra adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh dan udara kotor. Pada jaman dahulu kala, penyakit lepra sangat ditakuti oleh masyarakat. Apabila seseorang berpenyakit lepra, maka ia akan diasingkan dari pergaulan dan tidak ada orang yang mau mendekati. Orang yang berpenyakit lepra itu terpaksa hidup menyendiri.

Sekarang penyakit lepra sudah makin dikenal orang sehingga orang yang berpenyakit lepra tidak diasingkan lagi. Menurut Drs. Djamaludin Hadis, penulis buku kesehatan masyarakat, lepra adalah penyakit yang menular melalui kulit atau syaraf, maupun keduanya. Bakteri yang menyebabkan penyakit lepra ditemukan oleh Hansen dari Norwegia. Oleh karena itu, penyakit lepra disebut juga dengan nama penyakit Hansen.

penyakit lepra penyebab cara mengobati
Berbeda dengan pendapat orang dahulu, masyarakat modern kini mengetahui bahwa bakteri lepra ternyata tidak begitu cepat menular. Bagaimana cara penularannya belum diketahui. Tetapi bakteri lepra itu sering masuk dan tinggal di kulit. Apabila tubuh menolak, maka timbul pembengkakan secara perlahan-lahan. Pengerasan kulit sering terjadi di kening, hidung, telinga atau di bibir dan inilah yang menyebabkan orang yang berpenyakit lepra terlihat menyeramkan.

Penyakit Lepra Bisa Disembuhkan di Rumah

Sementara itu, menurut Faisal Shadily, praktisi kesehatan asal Surabaya, apabila bakteri lepra masuk ke dalam sistem syaraf manusia, maka alat perasa orang itu menjadi tumpul. Itulah sebabnya apabila penderita lepra mengalami luka atau terbakar, ia tidak merasakannya. Ototnya tidak dapat dipergunakan, sehingga tangan dan kakinya seperti cakar ayam. Akibat jangka panjang adalah tulang tangan dan kakinya akan hilang.

Penyakit lepra terdapat di seluruh dunia, tetapi yang paling banyak terjadi di daerah tropik di Afrika Utara, China dan India. Karena sekarang orang sudah mengetahui bahwa penyakit lepra itu tidak begitu menular, maka banyak orang yang berpenyakit lepra dirawat di rumah mereka sendiri. Penderita penyakit lepra saat ini tidak perlu diasingkan dan membantu penyembuhan mereka secara mental.

Beberapa antibiotika telah dapat dipergunakan untuk menghentikan perkembangan penyakit itu. Dan sudah ada orang yang sembuh sepenuhnya melalui perawatan instensif tim medis. Oleh karena itu, bila Anda menemukan gejala-gejala pembengkakan kulit, hendaknya segera diperiksakan ke dokter untuk menghindari kemungkinan penyebaran bakteri penyebab penyakit lepra. Mudah-mudahan tips kesehatan ini berguna untuk Anda.

 

3 Comments »

  1. iga April 13, 2013 at 12:50 pm -

    penyakit lepra bisa menular dari fktor gen pa tdk?

  2. arif mhc March 3, 2013 at 11:16 pm -

    terimakasih….
    artikelnya sangat bermanfaat utk sy menentukan herbal utk saudara2 kita yg menderita penyakit kusta.
    jazakalloh khr

  3. Anaya January 9, 2013 at 9:59 pm -

    Apakah penularan bakteri dan virus sama?kalau visus biasanya kan menular lewat kontak langsung,exp:flu,, nah..apakah ada penyakit yg ditimpulkan bakteri yg penularannya juga lewat kontak langsung?seperti berciuman misalnya*oops..maaf terlalu vulgar*. Tolong dijawab~

  4. Lisa April 4, 2012 at 2:39 pm -

    apakah penyakit kusta bisa menghilangkan nyawa penderitanya??

Leave A Response »