Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit TBC

admin March 22, 2012 0


Cara Mengobati Penyakit TBC

Pengertian TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh basil yang disebut tubercle bacillus. Basil ini terdapat dimana-mana, terutama pada tempat yang penuh sesak manusia. Tubercle bacillus juga terdapat pada lingkungan yang tidak sehat dan makanan yang dimakan kurang bergizi.

Untungnya manusia mempunyai daya tahan yang kuat terhadap penularan basil tersebut. Kira-kira 90 persen orang yang tinggal di kota pernah tertular basil ini pada suatu waktu dalam hidup mereka. Namun pada umumnya mereka kurang menyadari bahwa diri mereka tertular basil penyebab penyakit TBC. Akibatnya, 10 persen pengidap basil TBC meninggal dunia karena terinfeksi dan terlambat mengobati.

Jenis Basil TBC

Ada tiga jenis basil penyebab penyakit TBC, yaitu jenis basil TBC manusia, basil TBC sapi, dan basil TBC burung. Manusia dapat tertular dari jenis basil TBC manusia atau basil TBC sapi. Basil tersebut masuk ke dalam tubuh manusia bersama-sama udara yang dihirup. Basil TBC menyebabkan luka yang awalnya ringan, yaitu hanya peradangan pada jaringan paru-paru. Meski luka ringan, sebaiknya kita tidak meremehkan karena basil akan berkembang menjadi ganas.

Gejala Penyebab Cara Mengobati Penyakit TBC

Gejala dan Cara Penularan TBC

Pada tahap pertama, kuman penyebab penyakit TBC dihirup melalui rongga pernapasan dan dibawa ke daerah dada. Di sini peradangan berlanjut. Pada tahap ini tubuh mengadakan perlawanan terhadap luka yang disebabkan oleh basil TBC. Biasanya peradangan tersebut bisa sembuh dengan sendirinya namun meninggalkan luka. Dan beberapa kuman TBC masih tetap ada meski tidak mengganggu kesehatan manusia.

Kadang-kadang penyakit TBC yang dianggap sudah sembuh ini muncul kembali pada waktu usia tua. Kambuhnya penyakit TBC bisa disebabkan karena penularan basil TBC yang baru ataupun karena penyakit lama yang kambuh kembali. Kuman TBC ini biasanya berkembang di paru-paru sehingga penderita TBC mengalami kesulitan bernapas.

Basil TBC dapat juga masuk ke pembuluh darah dan dibawa ke bagian lain di dalam tubuh. Lalu timbullah penyakit TBC pada ginjal atau pada sendi-sendi tubuh. Keadaan akan menjadi sangat berbahaya bila basil TBC sudah merembet ke seluruh tubuh manusia.

Secara berangsur-angsur basil tersebut akan menggerogoti tubuh penderita TBC. Penyakit TBC akan memakan seluruh organ tubuh. Penderita TBC akan menderita demam, berkeringat, kehilangan nafsu makan, menjadi kurus dan daya tahan tubuhnya lemah.

Cara Mengobati TBC

Pengobatan penyakit TBC harus dilakukan secara teratur dengan konsumsi obat setiap hari. Obat penyakit TBC tersedia di puskesmas terdekat dan diberikan secara gratis oleh Pemerintah Indonesia. Penderita TBC memerlukan motivasi yang kuat untuk sembuh dan kesabaran menjalani pengobatan setiap hari.

Cara Mencegah Penyakit TBC

Cara menghindari serangan penyakit TBC adalah menjaga kebersihan makanan, menghindari kontak udara saat berada di luar dengan memakai masker dan pemeriksaan sejak dini kepada tim medis. Mungkin ada orang yang sudah tertular penyakit TBC namun ia tidak menyadarinya, sehingga kita perlu memeriksakan diri kepada dokter.

Demikian artikel kesehatan mengenai penyebab, cara penularan, gejala, dan metode pengobatan penyakit TBC. Kita bisa terkena penyakit TBC, tetapi kita juga bisa melakukan tindakan pencegahan sejak awal. Semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda.

Referensi, Buku Mengenal Seri Lingkungan Hidup, oleh Drs. Djamaludin Hadis, terbitan Mutiara Sumber Widya, 1984

 

Leave A Response »