Penyebab, Cara Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Kelumpuhan

penyakit lumpuh mencegah cara mengobati penyebab

Penyakit kelumpuhan adalah penyakit yang hampir sama dengan serangan jantung. Kelumpuhan disebabkan oleh adanya luka di otak. Nama lain untuk kelumpuhan adalah apopleksi. Kelumpuhan terjadi apabila aliran darah ke satu bagian di otak tiba-tiba tertutup. Hasilnya, semua jaringan yang berhubungan dengan bagian tersebut mengalami luka.

Menurut TMM Gan dalam buku Your Health and Mine, terdapat bagian dalam pembuluh darah manusia hal yang menyebabkan terhentinya aliran darah ke bagian-bagian otak tersebut. Sebuah urat darah mungkin saja pecah dan menyebabkan perdarahan. Atau mungkin pula disebabkan oleh pembekuan yang terjadi di dalam darah. Pembekuan itu disebut thrombosis.

Mungkin pula urat darah tersebut tersumbat karena terdapat benda kecil di dalam darah. Benda kecil sering berupa darah beku di dalam aliran darah. Darah beku hanyut bersama darah. Darah beku tersebut dinamakan embolus. Otak adalah tempat syaraf-syaraf yang mengontrol tubuh kita, mengendalikan rasa sakit, suhu badan, alat peraba dan mata. Kalau syaraf yang ada di otak kita rusak, maka bagian tubuh kita yang lain tidak dapat dipergunakan.

Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Kelumpuhan

Penyebab yang paling sering dari kelumpuhan adalah karena adanya pembekuan pada urat darah. Cukup aneh, seseorang dapat saja terserang kelumpuhan setelah beristirahat selama waktu yang lama. Misalnya, seseorang mungkin saja sewaktu bangun pagi merasa sebelah tangannya atau sebelah kakinya, atau bahkan sebelah badannya lumpuh. Ia merasa susah berbicara atau tidak dapat berbicara sama sekali.

Penderita yang mengalami kelumpuhan ini mempunyai kemungkinan besar untuk sembuh, tetapi biasanya ada bagian tubuh yang mengalami kelumpuhan untuk selamanya. Masih menurut buku Your Health and Mine, orang yang mengalami kelumpuhan biasanya dapat diobati, yaitu dengan melatih kembali bagian tubuh yang lumpuh. Hal ini termasuk melatih kembali penggunaan otot dan kemampuan berbicara.

Pencegahan penyakit kelumpuhan dapat dilakukan dengan rajin berolahraga di pagi hari, menghindari duduk terlalu lama dan mengendalikan mengkonsumsi makanan yang berlemak jahat. Makanan dengan kadar kolesterol tinggi berpotensi menyumbat aliran peredaran darah dalam tubuh manusia sehingga terjadi penggumpalan darah seperti tersebut di atas. Kita bisa terkena penyakit, kita juga bisa mencegah sejak sekarang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *