Penyakit Varises: Pembengkakan Pembuluh Darah Vena

Penyakit Varises - Pembengkakan Pembuluh Darah Vena

Penyakit Varises - Pembengkakan Pembuluh Darah Vena
Orang tua dan para pekerja yang berdiri dalam waktu lama kadang-kadang menderita pembengkakan pembuluh darah vena. Kita dapat melihat pada orang-orang yang menderita penyakit ini pembuluh darah vena-nya mengalami pembengkakan. Mengapa pembuluh vena membengkak? Pembuluh vena membengkak karena ia kehilangan sifat elastisitasnya. Pembengkakan itu terjadi karena dinding pembuluh vena tidak dapat menahan tekanan darah.

Coba bayangkan pembuluh darah vena sebagai pembuluh lurus mulai dari ujung kaki sampai ke jantung. Apabila seseorang berdiri, berat darah di dalam pembuluh darah menekan dinding vena. Pada pembuluh vena yang normal ada kelep-kelep yang mencegah seluruh berat badan menekan pembuluh. Tetapi apabila pembuluh vena kehilangan elastisitasnya, maka ia akan mengalami pembengkakan.

Menurut Daniel and Turner dalam buku General Science, diterbitkan oleh Oxford University Press, dinding pembuluh vena yang membengkak tidak bisa kencang lagi. Apabila hal ini terjadi, kelep tidak bisa tertutup rapat lagi, sehingga pembuluh tidak bisa berfungsi secara baik. Akibatnya berat darah yang ada di dalam pembuluh menekan dinding vena sehingga pembuluh darah itu semakin bengkak lagi. Pembuluh darah kita agak membengkak sewaktu kita berdiri.

Gejala dan Penyembuhan Penyakit Varises

Gejala pembengkakan pembuluh vena pada mulanya tidak kelihatan. Seringkali perubahan pada pembuluh darah terjadi pada waktu yang lama. Seseorang mungkin baru menyadarinya ketika ia merasa lelah dan berat pada kakinya. Ia mungkin mengalami kram dan sakit kaki waktu tidur di malam hari. Gejala kram dan lelah pada kaki adalah awal terjadinya varises.

Pembengkakan pembuluh vena pada umumnya terjadi setelah seharian bekerja. Apabila pembengkakan ini diikuti oleh pembengkakan pembuluh darah yang lainnya, maka hal itu mungkin disebabkan oleh karena menderita penyakit pembengkakan pembuluh vena. Pembengkakan pembuluh darah pada manusia ini disebut juga sebagai penyakit varises. Penyakit varises banyak dialami oleh ibu-ibu yang baru melahirkan dan para pekerja keras.

Ada berbagai cara mencegah dan mengatasi penyakit varises. Salah satunya adalah menentukan posisi saat tidur malam dengan mengangkat kaki lebih tinggi dari jantung sehingga pembuluh darah balik cepat kosong. Cara mengobati penyakit varises lainnya adalah dengan suntikan yang bertujuan mengencangkan pembuluh vena tersebut. Dan dalam hal darurat, cara menghilangkan varises adalah dengan membuang bagian pembuluh darah yang membengkak tersebut melalui operasi pembedahan.

Facebook Comments

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *