Penyakit kelamin menular dan gejalanya pada pria dan wanita

simbul hiv aids

Penyakit kelamin menular

Penyakit kelamin Menular atau biasa disingkat PMS adalah penyakit yang berhubungan masalah kelamin. Penyakit ini diakibatkan oleh kebiasaan atau gaya hidup kelamin yang tidak sehat. Salah satunya adalah berhubungan kelamin dengan orang yang berbeda-beda sehingga memudahkan penyebaran penyakit. Penyakit ini menular melalui oral, anal dan paginal. Semua orang yang terinfeksi PMS akan mendapatkan efek yang sama dengan orang-orang sebelumnya. Jarum suntik juga dapat menjadi media penyalur PMS, namun tidak banyak kasus tentang hal ini.

simbul hiv aids

Sejarah infeksi PMS sendiri sudah ada selama ratusan, bahkan yang tak terdokumentasi mungkin sudah ada ribuan tahun. Alat reproduksi akan terinfeksi jika terkena penyakit ini. Sedangkan kita tahu bahwa alat reproduksi adalah bagian yang penting dan sangat vital bagi kesehatan manusia secara keseluruhan. Jika infeksi ini dibiarkan berlarut dan kronis bisa menyebabkan kemandulan atau bahkan dapat mengantarkan seseorang pada kematian. Semua orang, terutama wanita harus bisa menjaga diri dari perilaku kelamin yang tidak sehat sehingga dapat terjaga dari penularan penyakit ini.

Wanita sendiri adalah pihak yang paling berpeluang besar terinfeksi, namun gejala yang ada pada wanita seringkali tidak terdeteksi sebelum parah. Sehingga wanita yang terinfeksi menjadi penyebar PMS yang paling banyak, apalagi jika partner kelamin juga banyak. Beberapa penyakit menghasilkan gejala yang sama, yaitu Gonorhea dan Sifilis (raja singa). Berikut adalah penjelasan tentang gejala PMS pada masing-masing jenis kelamin.

Gejala PMS yang umum pada laki-laki adalah:

  • Adanya bintik atau papula mirip cacar yang menyerang alat kelamin, biasanya jug ada borok atau lecet di sekitar kelamin.
  • Pada kelamin terdapat luka yang merah dan keras.
  • Timbulnya kutil seperti jengger ayam pada alat vital.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.
  • Timbul gatal pada alat kelamin dan sekitarnya.
  • Kencing nanah dan berbau busuk
  • Bengkak yang disertai nyeri dan panas pada pangkal paha, pada akhirnya bisa menjadi borok.

Gejala yang umum terdapat pada perempuan:

  • Timbul rasa nyeri pada saat berhubungan kelamin atau saat buang air kecil.
  • Terasa sakit pada tubuh bagian bawah, terutama pada pinggang.
  • Keluarnya lendir yang berlebihan pada pagina.
  • Keputihan berbau tidak sedap dan timbul busa.
  • Adanya bercak merah seperti darah setelah selesai berhubungan kelamin.

Gejala-gejala diatas adalah gejala yang umum terjadi pada pria dan wanita yang mengidap penyakit menular kelamin. Jangka waktu inkubasi pada seorang dan orang lainnya bisa berbeda meskipun efeknya sama, tergantung dari daya tahan tubuh seseorang dan asupan gizi yang ia makan. Untuk beberapa penyakit gejalanya baru akan tampak jika sudah parah, misalnya HIV/AIDS. Untuk itu menghindari perilaku kelamin yang tidak sehat dengan setia pada satu pasangan yang sah adalah satu tindakan pencegahan yang paling maksimal. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *