Pentingnya mengetahui aspek perkembangan anak

admin August 5, 2012 0


pentingnya aspek perkembangan anak

Perkembangan anak sangat penting dan harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua dikarenakan pertumbuhan anak sekarang ini dapat mempengaruhi bagaimana kehidupan mereka di masa depan. Perkembangan anak yang luput dari perhatian orang tua, tanpa arahan dan dampingan orang tua maka anak akan tumbuh dengan apa yang datang kepada mereka. Dan kelak orang tua akan menyesal karena tidak mendampingi anak-anaknya dalam bertumbuh. Perkembangan anak adalah segala perubahan yang terjadi pada usia anak-anak. Tahap-tahap perkembangan anak melewati masa yang terjadi pada usia anak, yakni:

  • Infancy toddlerhood pada usia 0-3 tahun.
  • Early childhood pada usia 3-6 tahun.
  • Middle childhood pada usia 6-11 tahun.

Perubahan yang terjadi pada anak dalam rentang waktu usia diatas meliputi beberapa aspek, diantaranya adalah:

  • Aspek fisik atau motorik
  • Aspek emosi
  • Aspek kognitif
  • Aspek psikososial

Aspek perkembangan anak diatas masing-masing dapat dijelaskan dibawah ini.

Perkembangan Fisik (Motorik)

Perkembangan ini merupakan proses tumbuh kembang anak dalam hal kemampuan gerak. Gerakan yang dilakukan anak merupakan hasil interaksi yang kompleks dari sistem tubuh yang dikontrol oleh otak. Perkembangan fisik meliputi dua jenis, yakni motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar adalah kemampuan anak untuk duduk, berlari dan melompat. Otot-otot besar, seluruh atau sebagian tubuh yang digunakan oleh anak untuk melakukan gerakan tubuh. Perkembangan motorik kasar ini dapat dipengaruhi proses pematangan anak. Proses ini bisa berbeda-beda pada masing-masing anak karena kematangannya juga berbeda. Sedangkan perkembangan motorik halus adalah perkembangan motorik anak menggunakan otot kecil atau anggota tubuh tertentu. Menulis, menggambar dan menggunting adalah salah satu jenis perkembangan motorik halus. Hal ini dipengaruhi oleh aspek kesempatan anak untuk belajar dan berlatih.

Perkembangan Emosi

Perkembangan ini berada pada aspek yang meliputi kemampuan anak untuk menyayangi, merasa nyaman, gembira, takut, berani dan marah serta bentuk emosi lainnya. Aspek ini sangat dipengaruhi oleh interaksi anak dengan orangtua dan orang-orang disekitar lingkungan anak. Emosi yang berkembang sesuai dengan emosi yang diterima oleh anak. Anak yang mendapatkan curahan kasih sayang, maka ia akan belajar untuk menyayangi. Anak yang sering dimarahi, maka ia akan belajar untuk marah.

Perkembangan Kognitif

Pada aspek ini, perkembangan anak terlihat pada kemampuannya menerima, mengolah dan memahami informasi yang masuk ke dalam kepalanya. Kemampuan kognitif berkaitan erat dengan perkembangan bahasa, baik lisan maupun isyarat dan kemampuan memahami kata serta berbicara.

Perkembangan Psikososial

Perkembangan aspek ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk melakukan interaksi dengan lingkungannya. Seperti kemampuan anak untuk menyapa dan bermain bersama teman-teman yang sebaya.

Dengan mengetahui aspek perkembangan anak ini diharapkan orang tua dapat merancang suatu pendidikan yang memberikan rangsangan bagi semua aspek yang ada. Ingat, pendidikan yang baik berasal dari orang tua. Jadi jangan serahkan pendidikan anak anda sepenuhnya kepada orang lain. (iwan)

 

Leave A Response »