Pengobatan dan pencegahan kanker tulang

Pengobatan kanker tulang

Pengobatan kanker tulang

Setelah sebelumnya kita membahas tentang penyebab kanker tulang, saat ini kita akan membahas mengenai pengobatan kanker tulang. Pertama kali yang akan dilakukan oleh dokter dalam hal pengobatan kanker tulang adalah melakukan foto rontgen tulang yang diperkirakan terkena kanker. Setelah itu dilakukan rontgen dada untuk mengetahui apakah kanker sudah menyebar ke paru-paru. Setelah itu, dilakukan pelacakan penyebaran tulang yang terkena kanker dengan Bone Scan denngan pemeriksaan darah dengan alkaline phospatase serum dan dilakukan biosi jarum atau biosi terbuka untuk mengecek hispatologi.

Pengobatan kanker tulang

Pengobatan pada kanker tulang dapat dilakukan dengan dua cara, yakni pengobatan dengan cara medis atau dengan cara tradisional atau herbal. Pengobatan medis memerlukan tiga langkah, yakni dengan pembedahan, terapi radiasi dan penggunaan kemoterapi. Pengobatan kanker tulang sangat tergantung pada jenis karakter dan tingkat sebaran sel kankernya. Bisa jadi dari ketiga langkah pengobatan medis diatas, hanya salah satu saja yang dibutuhkan, atau bisa jadi ketiga-tiganya dibutuhkan. Pembedahan dilakukan ketika kanker tulang yang terjadi belum banyak menyebar ke bagian lain dari tubuh manusia. Caranya adalah dengan melakukan pengangkatan jaringan yang memiliki sel kanker dan beberapa bagian di sekitarnya yang mungkin juga memiliki bibit kanker.

pencegahan kanker tulang

Sedangkan pengobatan dengan terapi radiasi adalah pengobatan yang menggunakan energi radiasi dari nuklir untuk membunuh atau menghambat sel kanker. Dalam kerjanya, terapi ini merusak DNA sel kanker sehingga tidak mampu mengembangkan dirinya lagi lebih lanjut. Di lain pihak, kemoterapi bukan hanya menghambat sel kanker saja, namun juga menghilangkan sel kanker tersebut dengan obat-obatan. Pada pengobatan menggunakan kemoterapi, rambut seringkali rontok dikarenakan folikel rambut ikut mati akibat obat-obatan dari proses kemoterapi.

Pencegahan penyakit kanker tulang

Penyakit kanker tulang dapat dicegah seperti halnya penyakit lainnya. pencegahan kanker tulang ada beberapa cara yang dapat dilakukan sejak dini, yakni:

  1. Melakukan penguatan terhadap tulang dengan cara memanen vitamin D melalui berjemur sebelum pukul 10 pagi di bawah sinar matahari langsung.
  2. Mengembangkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, empat sehat lima sempurna. Terutama makanan yang mengandung kalsium alami dengan jumlah yang cukup.
  3. Olahraga yang teratur dapat menguatkan tulang karena banyak bergerak akan membuat komposisi tulang menjadi lebih padat. Lari dan senam adalah olahraga yang direkomendasikan baik untuk tulang.
  4. Hindari makanan yang mengandung zat karsiogenik atau mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker.
  5. Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Sepanjang manusia masih hidup, tulang manusia akan terus mengalami perkembangan dan perbaikan. Sehingga masih ada kesempatan untuk mencegah supaya kita tidak terkena kanker tulang. Memberikan asupan berupa makanan yang baik dan olahraga dapat membuat hidup anda lebih bahagia. (iwn)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *