Pengertian penyakit Leptospirosis – Penyebab – Gejala – Cara mencegah

Pengertian penyakit Leptospirosis - Penyebab - Gejala - Cara mencegah

Pada musim hujan seperti ini tidak sedikit di beberapa wilayah Indonesia mengalami banjir, kota yang paling terkena banjir adalah jakarta. Banjir bisa menyebabkan berbagai penyakit muncul, kemudian mewabah di masyarakat. Salah satu penyakit yang dibawa oleh banjir adalah penyakit leptospirosis.

tikus contoh pembawa leptospira
tikus contoh pembawa leptospira

Pengertian penyakit leptospirosis

Apa itu penyakit leptospirosis. Penyertian Penyakit leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama leptospira. Umunya bakteri ini terdapat pada kotoran dan kencing hewan tertentu, salah satunya adalah tikus. Jadi sangat memungkinkan sekali ketika terjadi banjir, dimana air meluap ke mana-mana, kencing tikus yang terjangkit bakteri leptospira pun juga ikut tersebar. Masyarakat yang terkena pun akan beresiko terjangkit penyakit tersebut di atas.

Bakteri leptospira yang bisa menyebabkan penyakit leptospirosis ini dapat masuk ke tubuh manusia melalui luka yang terbuka dan juga makanan yang terkena bakteri tersebut. Jadi, berhati-hatilah apabila mempunyai luka di sekitar kaki atau daerah tubuh yang mudah terkena air banjir, karena ada kemungkinan air banjir tersebut sudah tercampur kotoran tikus yang tercampur bakteri leptospira. Bahaya dari Bakteri leptospira jangan dianggap remeh, karena jika bakteri tersebut sampai menginfeksi otak manusia, leptospirosis bisa menyebabkan kematian.

Pengertian penyakit Leptospirosis - Penyebab - Gejala - Cara mencegah
siklus penyebaran bakteri leptospira

Gejala penyakit leptospirosis

Gejala penyakit pada penyakit leptospirosis mudah diamati, diantara lain demam, pusing, muntah dan nyeri-nyeri pada otot, dan ada juga yang mengalami mata merah. jika kamu atau orang di sekitar kamu sudah menampakkan gejela seperti tersebut di atas, jangan menggap remeh, namun juga tetap tenang, kemudian segeralah membawa pasien ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pertolongan lebih lanjut, agar tidak terjadi hal-hal yang lebih beresiko lagi.

Cara Pencegahan penyakit leptospirosis

Untuk mencegah agar tidak terkena penyakit leptospirosis tidak sulit namun juga harus hati-hati. yaitu dengan menjahui lokasi banjir atau genangan air kotor ketika kamu sedang menderita luka terbuka di daerah yang mudah terkena air, seperti kaki atau tangan. Apabila memang harus melewati daerah tersebut, gunakan penutup pada lukamu, misalnya seperti plastik tebal atau kalau perlu gunakan spatu boot agar tidak terkena air, dan untuk mengurangi resiko terkena bakteri berbahaya tersebut.

Namun bukan berarti penyakit tersebut hanya ada di daerah banjir, seperti yang telah kita ketahui, tikus mudah kita jumpai di rumah-rumah yang banyak makanan sisa. ada kemungkinan juga di rumah kita ada terdapat tikus yang kotoran atau air kencingnya mengandung bakteri leptospira. Jadi jangalah kebersihan perabot di rumah, simpan perabot makan seperti piring, sendok, gelas dan lain-lain di tempat yang tidak memungkinkan tikus untuk menginjak-injaknya.

Itulah penjelasan mengenai bakteri leptospira yang bisa menyebabkan penyakit leptospirosis, penyebab dan cara pencegahannya. Semoga bisa menambah pengetahuan kesehatan kamu  dan dapat terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *