Pengertian migrain atau sakit kepala sebelah dan cara mengatasinya

cara mengatasi migrain

Satu jenis keluhan kesehatan yang umum terjadi adalah sakit kepala. Sakit kepala adalah keadaan dimana ada denyutan-denyutan di kepala yang menyebabkan nyeri mulai dari ringan hingga berat sehingga menimbulkan ketidaknyamanan atau kesakitan. Ada banyak penyebab sakit kepala karena sakit kepala bukanlah keluhan kesehatan yang berdiri sendiri. Sakit kepala adalah akibat dari keluhan kesehatan yang lain. Salah satu jenis sakit kepala adalah migrain atau sakit kepala sebelah. Sakit kepala ini menyebabkan kepala berdenyut nyeri disertai perut yang mual. Rasa sakit migrain dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama bahkan hingga berhari-hari.

pengertian migrain

Menurut statistik, penyakit ini banyak diderita oleh wanita. Migrain adalah sakit kepala yang menyerang otak yang menyebabkan sakit baik secara fisik maupun secara emosi. Sakit kepala ini disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah otak dan terkadang sampai pada peradangan. Sebelum denyut kepala menyerang, biasanya penderita akan mengalami gejala pandangan berkunang-kunang, melihat bintik-bintik gelap, melihat benda menjadi lebih kecil atau sensitif terhadap suara dan penglihatan. Gejala seperti ini tidak selalu pasti karena setiap penderita migrain dapat dapat mengalami gejala yang berbeda-beda.

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit migrain adalah dengan mengetahui apa penyebabnya. Penting sekali mengetahui pemicu migrain karena dengan menghindarinya, maka akan memperkecil terkena migrain. Beberapa pemicu migrain antara lain:

Stimulasi organ yang berlebihan
Cahaya yang terlampau terang, suara yang terlalu keras atau bau menyengat tertentu seperti parfum, rokok, asap kendaraan dan lain-lain dapat memicu migrain.

Perubahan hormon estrogen
Hormon estrogen banyak dimiliki oleh wanita dapat menyebabkan migrain. Pada saat jumlah estrogen tidak stabil seperti saat sebelum dan selama menstruasi, masa kehamilan dan saat terapi hormon dapat menyebabkan migrain.

Perubahan cuaca dan kelelahan
Cuaca yang tidak menentu terutama pada masa-masa peralihan cuaca dari musim penghujan ke kemarau atau sebaliknya dapat mengakibatkan pembuluh darah kepala melebar atau menyempit. Apalagi jika ditambah dengan tubuh yang kelelahan, maka akan mudah sekali terkena migrain.

cara mengatasi migrain

Makanan dan minuman tertentu
Bahan-bahan yang terkandung dalam makanan dan minuman dapat memicu migrain. Salah satunya adalah bir, wine, kopi berkafein tinggi, coklat, keju tua, dan makanan yang mengandung MSG.

Pemicu diatas adalah pemicu umum tetapi tidak menjamin bahwa migrain yang diderita seseorang memiliki pemicu diatas. Satu cara untuk mengobati migrain adalah dengan berusaha rileks, menenangkan diri. Tidur di tempat yang gelap dan sunyi supaya lebih tenang dan santai. Anda dapat meletakkan es yang dibungkus kain di belakang kepala sambil melakukan pijatan lembut di kepala. Jika migrain sering menyerang anda secara reguler, ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Dengan ini anda dapat memastikan penyebab migrain anda dan mengatasinya dengan cepat dan tepat. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *