Pengertian Kolesterol – Yang Baik dan Jahat

admin September 23, 2010 5


Pengertian Kolesterol

Pengertian Kolesterol

Pengertian kolesterol atau yang disebut juga dengan lemak tak jenuh merupakan substansi seperti lilin yang warnanya putih, kolesterol secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Hati adalah yang memproduksi kolesterol, kolesteorol berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga untuk membuat hormon-hormon tertentu.

Sebenarnya tubuh manusia sudah bisa menghasilkan kolesterol sendiri, namun karena manusia mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung lemak sehingga menyebabkan seseorang kadar lemak dalam tubuhnya sangat berlebih.

Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah. Hal itu bisa terjadi karena kolesterol yang berlebih akan membentuk bekuan dan plak yang akan menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung yang akan menyebabkan serangan jantung, dan ke otak akan menyebabkan stroke.

Jadi agar terhindar dari serangan jantung sangat disarankan untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Jika seseorang pernah mengalami serangan jantung atau pembedahan baypass, kadar kolesterolnya harus diperiksa secara rutin. dengan menjaga kolesterol agar tetap wajar merupakan jaminan terbaik untuk terhindar dari penyumbatan pembuluh darah arteri.

Kolesterol baik dan Jahat

Kadar kolesterol sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Kolesterol HDL singkatan dari High-Density Lipoprotein, HDL adalah “kolesterol baik” karena mempunyai kemampuan untuk membersihkan pembuluh darah arteri.
  • Kolesterol LDL singkatan dari Low-Density Lipoprotein, LDL adalah “kolesterol jahat” yang membuat endapan dan menyumbat pembuluh darah arteri.

Kadar kolesterol HDL di atas 60 berarti sangat baik. Makin tinggi kadar kolesterol HDL, makin rendah resiko untuk mendapat serangan jantung atau stroke. Kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih rendah dari 130, dan semakin rendah, akan semakin baik.

Untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam. Pemeriksaan darah juga akan mengukur komponen darah seperti trigliserida. Seperti halnya kolesterol, trigliserida merupakan sejenis lemak yang ditermukan di dalam makanan seperti daging, keju, ikan dan kacang-kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.

beberapa gambar di bawah ini merupakan contoh kolesterol yang menyumbat pembuluh darah,

pengertian kolesterol

pengertian kolesterol

pengertian kolesterol

Semoga artikel yang membahas tentang pengertian kolesterol di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita dapat menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh kita tidak berlebihan sehiingga bisa terhindar dari penyakit jantung ataupun stroke

referensi : ichamor.blogspot.com

 

5 Comments »

  1. ellyn ndu'us September 28, 2012 at 4:12 pm -

    Trima kasih atas sumbangan ilmunya,,,
    sy masih penasaran sja, kira2 sperti apa kerja dari kolesterol shingga bisa menghambat pembuluh arteri manusia???

  2. Obat Tradisional Maag May 24, 2012 at 11:41 am -

    Informasinya ,. bagus nih,.. terimakasih bisa jadi sumber referinsi,..

Leave A Response »