Pengertian hamil anggur dan cara untuk mengenalinya

admin July 24, 2012 0


pengertian hami anngur

Pengertian hamil anggur

Apakah anda pernah mendengar ada wanita yang hamil lalu kehilangan janinnya saat di kandungan? Banyak yang mengatakan bahwa bayinya diambil jin, dukun atau apalah itu. Padahal secara medis hal tersebut dapat dijelaskan. Ini disebut hamil anggur atau Mola Hidatidosa yang merupakan suatu kehamilan yang tidak normal, dimana sel telur yang telah dibuahi tidak tumbuh dengan normal seperti seharusnya. Hamil ini sendiri adalah tumor jinak yang terbentuk dari sel-sel trofoblas, bagian tepi sel telur yang akhirnya membentuk ari-ari. Hamil jenis ini juga merupakan jenis pembuahan yang gagal. Hasil pembuahan sel sperma dan sel telur gagal terbentuk menjadi zigot dan hanya menjadi gelembung-gelembung yang bergerombol mirip anggur. Sehingga ketika seorang wanita yang perutnya tiba-tiba mengempes bukan karena kehilangan janin, namun karena pembuahannya gagal. Namun ini tidak dikenal oleh masyarakat sehingga menganggapnya sebuah hal yang gaib.

Faktor penyebab hamil anggur

Faktor penyebab hamil anggur ini masih belum diketahui secara pasti dan dapat terjadi pada siapa saja, terutama wanita yang baru hamil pertama kali. Namun ada beberapa faktor yang diperkirakan dapat menyebabkan hamil anggur. Faktor-faktor ini antara lain:

  • Mutasi genetik yang menghasilkan buruknya kualitas sperma dan sel telur atau ovum yang menyebabkan pembuahan gagal menjadi zigot.
  • Kekurangan vitamin A juga dapat mengakibatkan kehamilan yang tidak biasa. Sangat penting untik menjaga asupan vitamin A bagi calon ibu yang sedang merencanakan untuk hamil.
  • Hipertensi juga memperbesar resiko seorang wanita mendapatkan hamil anggur dibandingkan wanita yang tidak memiliki riwayat darah tinggi.
  • Gizi yang buruk juga dapat menyebabkan hamil anggur, sehingga pola makan yang sehat dan seimbang harus diberikan kepada wanita yang merencanakan kehamilan.
  • Wanita yang berada pada usia dibawah 20 tahun dan diatas 40 tahun beresiko tinggi mengalami hamil anggur.

Ada hal khusus yang perlu diperhatikan ketika seorang mengalami kehamilan yaitu jangan gegabah untuk langsung berkesimpulan bahwa seorang wanita itu hamil, karena akan terbentuk harapan dari semua anggota keluarga, apalagi anak yang pertama sangat dinantikan. Jika ternyata hanya hamil anggur, maka kekecewaan yang dialami akan besar. Jangan terlalu percaya dengan alat pendeteksi kehamilan karena hamil anggur memiliki ciri yang sama dengan hamil normal. Alat pendeteksi kehamilan akan memberikan hasil yang sama-sama positif baik hamil anggur atau hamil normal, karena pada masa tersebut prosesnya sama. Jika sudah lewat beberapa bulan, seharusnya ada gerakan di perut yang membuktikan ada janin di dalamnya. Jika tidak, kemungkinan itu hamil anggur.

Selain itu perlu diperhatikan pembesaran perut yang diluar kewajaran. Orang yang hamil anggur akan mengalami pembesaran perut secara lebih cepat dari hamil normal. Misalnya seorang wanita yang hamil anggur 2 bulan akan tampak sama besar dengan wanita yang hamil normal 4 atau 5 bulan. Terkadang hal ini dianggap sebagai hamil kembar, serhingga perut cepat membesar. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. Untuk lebih menyakinkan apakah anda hamil anggur atau bukan, ketika kandungan memasuki bulan ke dua atau sudah cukup besar, anda bisa berkonsultasi ke dokter dan melakukan USG. Dengan demikian dapat dilihat apakah benar ada janin di dalam rahim atau tidak sehingga tidak menimbulkan kesalahan persepsi dan prasangka serta cepat mendapatkan perawatan yang seharusnya. (iwan)

 

Leave A Response »