Pengertian, fungsi dan akibat dari kekuarangan protein

sumber makanan protein

sumber makanan protein

Protein adalah senyawa organik yang kompleks dan berbobot molekul tinggi yang sangat penting dalam sel makhluk hidup. Kata protein berasal dari bahasa Yunani protos yang artinya “yang paling utama”. Protein pertama kali ditemukan pada 1838 oleh Jons Jakob Berzelius. Protein dalam sel makhluk hidup membawa cetak biru makhluk tersebut yang diberi nama RNA dan DNA. Protein sangat penting bagi pertumbuhan sel-sel manusia. Seperti yang kita ketahui, sel-sel dalam tubuh kita memiliki masa hidup yang tidak sama satu sama lain. Setiap interval waktu tertentu, ada pergantian sel, dimana yang lama akan dibuang dan diganti dengan yang baru. Protein berperan dalam hal ini. Selain regenarasi, protein juga berperan dalam recovery atau perbaikan sel.

Protein dibentuk dari asam amino yang dibagi menjadi dua, diantaranya adalah:

  • Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesa atau dibentuk oleh tubuh namun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino ini ada 8, yakni isoleusin, leusin, lisin, metionin, valin, triptofan, tronin dan fenilanin.
  • Asam amino non-esensial yaitu asam amino yang dapat disintesa oleh tubuh, seperti alanin, asparagin, glisin, glutamin dan prolin.
  • Seperti yang disebutkan diatas, protein berfungsi dalam pembentukan sel dalam berbagai level. Lebih jelasnya fungsi protein adalah sebagai berikut:
  • Sebagai sumber energi setelah glikogen.
  • Menjadi enzim katalis bagi reaksi biokimia dalam tubuh.
  • Merupakan kontraktor pada jaringan tertentu, seperti miosin sebagai pemicu kontraksi pada otot.
  • Sebagai bagian dari sistem imunitas tubuh.
  • Pengatur proses tubuh dengan hormon, perlu diketahui hormon itu adalah protein.
  • Digunakan sebagai penyusun struktur sel, jaringan dan tubuh organisme hidup sebagai fungsi struktural protein.
  • Pengatur keseimbangan kadar asam dalam sel.

Untuk itu manusia diharuskan mendapatkan asupan protein yang cukup bagi tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, baik secara hewani maupun nabati. Protein hewani berasal dari daging, ikan, telur dan susu. Sementara protein nabati berasal dari daun-daunan dan yang terbanyak adalah kacang-kacangan.

Tubuh manusia sangat membutuhkan protein, sehingga kekurangan protein dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi tubuh. Seperti dijelaskan diatas, protein tidak hanya berfungsi menjunjang sel, namun juga termasuk dalam sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu kekurangan protein dapat berdampak fatal bagi manusia. Dampak itu antara lain:

  • Rambut rontok karena hampir 100% rambut terdiri dari protein Keratin.
  • Timbulnya penyakit kwasiorkor atau busung lapar. Penyakit yang diakibatkan gizi yang buruk ini umumnya menjangkiti anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan, dimana mereka membutuhkan banyak sekali protein.
  • Kematian dapat disebabkan oleh kekurangan protein yang terus menerus sehingga dapat mengakibkan kegagalan organ.

Untuk itu perlu adanya perhatian yang khusus tentang asupan protein terhadap makanan yang kita konsumsi. Dengan pengetahuan yang cukup baik, makanan yang mengandung protein tidak selalu berbahan mahal sehingga kita bisa tetap sehat tanpa mengeluarkan uang berlebihan. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *