Pengertian Asam Urat – Gelaja – Penyebab dan Cara Mencegah

Pengertian Asam Urat - Gelaja - Penyebab dan Cara Mencegah

Pengertian Asam Urat

Pengertian Asam Urat - Gelaja - Penyebab dan Cara Mencegah

Asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi atau hasil samping dari pemecahan sel dalam darah. Kadar normal asam urat adalah 2,4 – 6 untuk wanita dan 3,0 – 7 untuk pria. Penyakit asam urat merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia).

Pada keadaan normal, asam urat dikeluarkan dalam tubuh melalui feses dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada, menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Gejala asam urat sangat penting untuk dikenali karena penyakit ini sangat rentan terjadi kepada siapa saja. Asam urat adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya karena menyebabkan nyeri di persendian yang bisa menyebabkan terhambatnya aktifitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala asam urat agar tindakan pencegahan terhadap penyakit ini dapat segera dilakukan.

Gejala-gejala Penyakit Asam Urat antara lain:

  • kesemutan dan linu
  • nyeri terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun dari tidur
  • sendi terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan terasa sangat nyeri

Selain nyeri sendi, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan batu ginjal serta dalam jangka waktu lama, akan merusak ginjal secara permanen hingga diperlukan cuci darah seumur hidup. Kadar asam urat yang tinggi ternyata juga berhubungan dengan kejadian diabetes mellitus (kencing manis) dan hipertensi.

Selain itu, gejala asam urat juga bisa terlihat dari keadaan tubuh tidak sehat seperti demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan. Gejala asam urat lain seperti denyut jantung yang sangat cepat bisa juga terjadi. Gejala asam urat umumnya akan muncul pada usia pertengahan untuk pria, sedangkan pada wanita gejala asam urat akan mulai muncul setelah menopause. Serangan asam urat berupa gejala awal yang terasa pada persendian biasanya akan berlangsung selama beberapa hari dan kemudian menghilang sampai dengan serangan berikutnya. Gejala asam urat harus benar-benar diwaspadai untuk menghindari serangan asam urat yang lebih parah.

Pengertian Asam Urat - Gelaja - Penyebab dan Cara Mencegah

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat ini tidak bisa dihindari, tetapi ada beberapa cara untuk mengendalikannya seperti mengontrol makanan yang dikonsumsi. Makanan yang harus dihindari karena mengandung banyak purin antara lain: lauk pauk (jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), sea food (udang, kerang, cumi, kepiting), makanan kaleng (kornet dan sarden), daging, telur, kaldu kental, kacang-kacangan dan olahannya (tempe, susu kedelai, tauco, emping, melinjo, tauge), sayuran (bayam, daun singkong, kangkung, asparagus, kembang kol, buncis), buah-buahan (durian, alpukat, nanas, air kelapa), dan makanan minuman beralkohol (bir, tape, anggur).

Untuk mencegah kekambuhan dianjurkan untuk minum banyak air. Sementara bagi penderita yang memiliki kelebihan berat badan, apabila berat badannya dikurangi, kadar asam urat sering mendekati normal

Cara Mencegah Asam Urat

Bagaimana cara mencegah dan mengobatinya? Cara yang terbaik tentu dengan menghindari makanan tinggi purin seperti yang disebutkan di atas. Beberapa hal yang menarik antara lain:

  1. Konsumsi kopi (bukan teh) dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan (menarik ya?)
  2. Dalam kondisi terjadi serangan akut, obat penurun asam urat justru memperberat rasa sakit sehingga harus dihindari
  3. Konsumsi alkohol akan menurunkan buangan asam urat melalui ginjal
  4. Minum air minimal 8 gelas sehari efektif untuk membuang asam urat

Bila hal di atas sudah Anda lakukan dan belum berhasil, maka diperlukan peranan dokter dalam memberikan obat pengendali asam urat.

Itulah penjelasan mengenai pengertian asam urat, Gejala, Penyebab, dan cara mengatasi asam urat. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Referensi: http://puchsukahujan.wordpress.com/2011/06/11/asam-urat-gejala-dan-pengobatannya/, http://www.dunia-ibu.org/artikel/kesehatan/gejala-asam-urat-untuk-diwaspadai.html, http://duniafitnes.com/medis/asam-urat-kenali-gejala-dan-pengobatan-yang-benar.html

Facebook Comments

7 comments

  1. achmad rifai

    tanks infonya bermanfaat mas. saya juga mw tanya tentang minum teh dan kopi dapat mengurangi asam urat. bukannya dalam kopi dan teh itu ada kafein yang dapat merusak ginjal mas,. sedangkan ginjal itu berfungsi untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh melalui air seni. mhon pencerahannya mas

  2. REYKA

    coba di cermati lagi itu tertulis penyebab nya ada yg minuman ber alkohol tetapi cara mencegah asam urat nya tertulis konsumsi alkohol …artikel yang tidak jelas ini nama nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *