Pengaruh dan cara mengatasi obesitas pada anak-anak

cara mengatasi obesitas pada anak-anak

Ternyata tidak hanya negara maju saja yang menghadapi masalah dengan obesitas pada anak. Saat ini masalah tersebut sudah masuk ke negara berkembang. Salah satunya adalah Indonesia. sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada 5% anak Indonesia yang mengalami obesitas dimana yang terbesar terdapat di Jakarta dengan 25%, Semarang sebesar 24,3% serta sisanya di Medan dan Palembang. Penelitian ini dilakukan oleh Syjarif dkk pada tahun 2005 di empat kota besar yang disebutkan diatas.
cara mengatasi obesitas pada anak-anak
Obesitas adalah permasalah yang serius dikarenakan dapat menyebabkan penyakit jantung, hiperlipidemia dan diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami obesitas pada usia 6-12 tahun menunjukkan adanya peningkatan tekanan sistolik dan diastolik darah disertai dengan tingginya kadar kolesterol LDL dalam darahnya. Selain itu sebuah penelitian di tahun 2007 juga menunjukkan bahwa resiko penyakit jantung koroner pada anak usia 5-9 tahun meningkat 38% jika mereka mengalami obesitas.

Kebiasaan hidup yang buruk dapat menyebabkan keseimbangan antara asupan nutrisi masuk yang menghasilkan energi tidak sama dengan aktivitas anak dalam membuang energi. Ketersediaan makanan semakin banyak di perkotaan mengubah gaya hidup menjadi konsumsi yang berlebihan. Kemudahan mendapatkan makanan ini dapat mendorong lebih mudah untuk mencapai obesitas pada anak.

Untuk mengatur berat badan anak dapat dilakukan diet seimbang, mengubah perilaku makanan dan meningkatkan aktifitas fisik. Selain itu juga dapat dilakukan prosedur pembedahan untuk mengangkat lemak. Meskipun perubahan pola makan yang terjadi pada anak usia muda sangat sulit terjadi, namun hal ini seharusnya tidak menghentikan orang tua untuk menjadikan anaknya sehat dan bebas dari resiko penyakit. Konsultasi kepada dokter anak atau psikiater anak dapat dilakukan jika orang tua kewalahan dalam merubah pola makan dan aktifitas fisik anak-anak.

Hingga saat ini belum ada obat yang direkomendasikan untuk anak-anak dalam menangani obesitasnya. Sebaiknya gunakan cara alami dengan mengurangi kadar lemak dalam makanan anak-anak. Semakin tinggi kadar lemak, terutama lemak jenuh maka resiko penyakit akan semakin besar. Konsumsi air yang banyak juga dapat menekan nafsu makan anak dan juga memperlancar metabolisme lemak dalam tubuh. Obesitas pada anak cenderung berlanjut hingga dewasa jika tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu penanganan dini perlu dilakukan supaya anak terhindar dari gangguan kesehatan yang bisa muncul di kemudian hari dan mengancam nyawanya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *