Menyikat Gigi Sebelum Tidur itu Sangat Penting

Menyikat Gigi Sebelum Tidur itu Sangat Penting

Menyikat Gigi Sebelum Tidur itu Sangat Penting

Belakangan ini di layar televisi kita sering menjumpai iklan dari produsen pasta gigi terkemuka di Indonesia  yang menganjurkan untuk membiasakan diri menyikat gigi sebelum tidur. Jangan anggap remeh apa yang dianjurkan dalam iklan tersebut. Menyikat gigi pada waktu malam sebelum tidur lebih penting dari pada menyikat gigi waktu lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan dr Haryanto AG mengenai pentingnya menyikat gigi sebelum tidur yang disandur dari situs tanyapepsodent.

Dalam mulut kita ada berkat dari Tuhan berupa air liur. Air liur ini antara lain mengandung bahan antiseptik yang bisa membunuh kuman-kuman tertentu. Bila kita melakukan aktivitas (mengunayah, bicara dsb) maka produksi air liur akan memadai. Sebaliknya pada saat kita tidak melakukan apa-apa (contoh pada saat kita tidur) maka produksi air liurpun berkurang. Nah, bila kita tidak sikat gigi sebelum tidur, banyak sisa makanan nempel di sela-sela gigi dan dalam berbagai bagian mulut kita, sedangkan produksi air liur berkurang (termasuk antiseptiknya), bisa dibayangkan kuman-kuman ini akan ber”pesta pora” selama kita tidur. Hasilnya kemungkinan terjadinya kerusakan gigi, peradangan dsb jadi lebih besar, bangun tidurpun mulut pasti bau tak sedap.

Jika kamu masih sayang dengan gigi kamu, jangan malas untuk menyikat gigi sebelum tidur. Dan sampaikan juga kepada orang-orang di sekitarmu mengenai pentingnya mengosok gigi sebelum tidur. Ayah, ibu, saudara, adik, kakak, teman atau orang-orang yang kamu sayangi, ingatkan mereka jika mereka lupa menggosok gigi sebelum tidur.

Perlu kamu ketahui, menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdes) tahun 2007 yang dikutip dari situs detik. Ada lebih dari 70 persen masyarakat Indonesia mengalami gigi berlubang. Sekitar 95 persen masyarakat Indonesia rajin menyikat gigi dua kali sehari. Namun yang menyikat gigi pagi dan malam sebelum tidur jumlahnya hanya 7 persen. Berarti, yang jadi permasalahan adalah waktunya menyikat gigi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *