Mengurangi berat badan tanpa tersiksa dengan rasa lapar

diet berdasarkan golongan darah

Dalam menurunkan berat badan tidak serta merta dilakukan dengan cara mengurangi makan dan membuat kita kelaparan. Ada cara yang lebih efektif untuk mengurangi berat badan tanpa membuat diri kita tersiksa. Kuncinya ada pada golongan darah. Setiap golongan darah memiliki reaksi terhadap makanan dan obat-obatan dengan cara yang berbeda. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan diet berdasarkan golongan darah.

diet berdasarkan golongan darah

Diet golongan darah #1: Kenali golongan darah

Untuk mengetahui anda termasuk dalam golongan darah apa, caranya sangat mudah, yakni dengan mendatangi dokter atau rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan golongan darah. Untuk anda yang belum pernah mendonorkan darah di PMI, anda dapat melakukan tes golongan darah sekaligus tes kelayakan donor darah. Tes golongan darah yang dilakukan di PMI itu gratis, tidak dipungut biaya. Langkah pertama ini penting karena dengan mengetahui golongan darah anda apa, maka anda dapat mengaplikasikan diet yang sesuai.

Diet golongan darah #2: Memilih makanan yang sesuai

Berikut adalah beberapa bahan makanan dan korelasinya dengan berbagai golongan darah:

  1. Daging dan unggas

Pada golongan darah AB dan B, daging kambing dan kelinci bereaksi baik terhadap tubuhnya sehingga tidak perlu mengkhawatirkan jenis daging ini. Bahkan dalam beberapa kasus, jenis daging kambing dan kelinci dapat menjadi obat. Sedangkan daging ayam sebaiknya dihindari karena mengandung lektin yang dapat menggumpalkan darah dan mengganggu sistem pencernaan pada golongan darah AB. Hal sebaliknya akan dialami oleh golongan darah O, dimana ayam memberikan manfaat tersendiri. Tidak seperti diet pada umumnya, diet golongan darah masih memperbolehkan konsumsi daging, namun yang tidak memiliki implikasi buruk kepada tubuh anda.

  1. Makanan hasil laut atau seafood

Makanan hasil laut seperti ikan makarel, sarden, salem dan tuna sangat baik untuk golongan darah B dan AB. Akan tetapi bagi golongan darah AB dan B harus menghindari makan kepiting, udang, siput dan belut karena akan bereaksi layaknya racun di dalam tubuh.

  1. Telur dan dairy product (olahan susu)

Golongan darah B boleh menikmati semua telur, susu dan semua produk olahannya. Bahan makanan seperti susu sapi, susus kambing, keju cottage dan lain sebagainya sangat baik untuk anda yang memiliki golongan darah B. Untuk golongan darah AB, produk olahan susu yang terbaik adalah yang difermentasi karena akan melancarkan pencernaan. Sedangkan susu, utamanya susu sapi harud dihindari karena dapat menimbulkan efek negatif bagi golongan darah ini.

  1. Minyak

Minyak zaitun memiliki reaksi yang positif pada golongand arah B, juga untuk golongan darah AB. Sedangkan minyak jagung, kelapa, bunga matahari dan minyak wijen tidak bagus untuk golongan darah AB dan B.

  1. Minuman berkafein

Teh hijau sangat baik untuk golongan darah B dimana polifenolnya bereaksi sangat maksimal dengan golongan darah ini. Sedangkan minuman bersoda perlu dihindari oleh golongan darah B. Sedangkan untuk kopi sifatnya netral, tidak akan bereaksi apa-apa terhadap golongan darah B ini.

Demikian adalah beberapa contoh diet golongan darah. Masih banyak lagi bahan makanan yang digunakan dalam diet golongan darah. Anda dapat mencari informasi lebih lengkap kepada dokter dan ahli gizi setempat. Inti dari diet golongan darah adalah anda memakan makanan yang tepat untuk golongan darah anda supaya tidak terjadi penimbunan lemak dan gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat. (iwan)

referensi : http://www.merdeka.com/sehat/rahasia-turunkan-berat-badan-tanpa-lapar.html, http://www.anneahira.com/tips-mengurangi-berat-badan.htm

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *