Mengetahui penyebab dan cara menghindari sakit pinggang

cara menghindari sakit pinggang

Jika anda pernah merasakan sakit di daerah pinggang dan ruas tulang belakang, maka itu adalah sakit yang paling umum diderita oleh orang setelah sakit kepala. Mengenali sakit pinggang tentu sangat penting, tidak membiarkannya begitu saja tanpa adanya pengenalan dan perawatan lanjutan. Sakit pinggang atau low back pain adalah nyeri yang terjadi di daerah pinggang bagian bawah. Sakit ini menjalar dari ruas pinggang ke kaki pada bagian sebelah belakang dan samping luar kaki.

cara menghindari sakit pinggang

Apabila dibiarkan maka akan menyebabkan orang menjadi kesulitan dalam bergerak dan seseorang harus dirawat di rumah sakit. Hal yang paling sering terasa adalah semacam kompresi syaraf secara mekanikan dan degeneratif yang berhubungan dengan otot. Sakit pinggang adalah penyakit neurologis yang paling umum setelah sakit kepala. Penyakit ini dialami hampir semua orang dan sangat mengganggu aktivitas kita. Meskipun beberapa penderita dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun tetap saja ini mengganggu aktivitas selama sakit tersebut.

Sakit pinggang dapat diakibatkan dari peradaangan, infeksi, sakit pada tulang seperti osteoporosis, ginekologik dan neurologik. Sebagain besar penderita ini disebabkan oleh bagian punggung bawah seperti sciatica dan artritris. Sakit yang terjadi sering dirasakan ketika bangun dari posisi tidur. Umumnya penanganan sederhana seperti relaksasi otot dan istirahat singkat dari aktivitas dapat mengurangi bahkan menyembuhkan sakit pinggang ini. Penyebab lainnya bisa diakibatkan oleh cedera akibat olahraga, bekerja atau tersentak tiba-tiba seperti kecelakaan mobil atau hal lain yang membuat tulang belakang tertekan. Menggunakan punggung sebagai tumpuan pekerjaan berat seperti mencangkul dan mengangkat beban juga dapat mengakibatkan sakit pinggang.

Penyebab kronis yang lain adalah Aneurisma aorta abdomial, kanker tulang dan penyakit tulang degeneratif. Ada lima kategori dari penyebab sakit pinggang yaitu sikap sayang salah, kelainan tulang belakang, penyakit pada organ tubuh, akibat rematik dan ketegangan atau psikis. Beberapa hal ini secara langsung maupun tak langsung dapat mengakibatkan nyeri pada pinggang. Selain itu gerakan yang secara mendadak diluar kebiasaan dan melampauai kemampuan otot juga dapat mengakibatkan sakit pinggang, seperti misalnya berdiri terlalu lama di bus.

Cara mencegah sakit punggung

  • Lakukan pemanasan yang cukup saat memulai olah raga atau kegiatan fisik berat.
  • Hindari posisi membungkuk saat berdiri maupun duduk.
  • Tidak terus menerus duduk, diselingi dengan jalan-jalan juga.
  • Untuk wanita, gunakan sepatu yang nyaman jika beraktivitas sangat padat. Kurangi penggunaan high heels.
  • Jangan memaksakan mengangkat beban terlalu berat, mintalah bantuan orang lain untuk mengangkat bersama.
  • Menjaga nutrisi dan berat badan supaya tetap seimbang.
  • Hentikan kebiasaan merokok karena dapat mengurangi pasokan darah ke tulang belakang.
  • Berusaha untuk olahraga secara teratur.

Sakit pinggang mungkin akan sembuh dengan sendirinya selama dua atau tiga hari. Meskipun begitu, anda harus waspada, jangan meremehkan. Segera pergi ke dokter jika sakit pinggang anda tidak sembuh dalam tempo waktu tersebut. Mungkin saja sakit pinggang anda bukan sakit biasa tapi disebabkan penyakit yang lain. Mengetahui lebih dini memudahkan untuk merawatnya. (iwan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *