Home / Kesehatan / Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kuku

Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kuku

Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kuku

Bagi kita kebanyakan, fungsi kuku tidak lebih dari organ tubuh untuk menunjang penampilan. Namun tahukah anda jika kuku bisa memberikan gambaran kesehatan dari tubuh kita? Orang-orang jaman dulu telah memakai kuku untuk mendiagnosa berbagai jenis penyakit, seperti kekurangan nutrisi, infeksi, dan berbagai penyakit lainnya.

Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kuku

Kuku terdiri atas keratin, protein yang juga menyusun rambut dan kulit kita. Kuku kita tumbuh dari matriks, area di bawah kutikula. Kuku bisa bertambah panjang 2 hingga 3 mm dalam sebulan. Mengetahui kondisi kesehatan melalui kuku bukan ilmu baru. Penyakit tiroid adalah masalah pertama yang bisa didiagnosa dari kuku. Penyakit tiroid biasanya memiliki gejala berupa penurunan atau kenaikan berat badan. Kehadiran onikolisis biasanya berkaitan langsung dengan hipertiroidisme. Ini adalah keadaan dimana kuku jari kelingking atau jari manis terlepas dari lapisan kulit di bawahnya. Kotoran sangat mudah menumpuk di lipatan kuku dan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk berobat ke dokter jika mendapati kuku terlepas dari jaringan di bawahnya.

Masalah kesehatan lain yang bisa diketahui melalui kuku adalah gangguan kardiovaskuler. Untuk mengetahui apakah kita beresiko mengalami penyakit kardiovaskuler memang paling mudah dengan mengecek tekanan darah dan kadar kolesterol. Namun menurut penelitian, ada perubahan pada kuku bagi mereka yang mengalami masalah ini. Jika terdapat garis merah kecoklatan di bagian bawah kuku, itu bisa menjadi tanda terjadinya infeksi nodular. Jika seseorang memiliki penyakit jantung bawaan, maka kukunya akan nampak lebih lembut dan terlihat mengambang di atas kulit.

Mengetahui kondisi kesehatan melalui kuku memang perlu pembelajan serius. Stress dan kecemasan tidak hanya bisa dilihat langsung dari wajah, namun juga bisa tergambar melalui kuku. Apakah anda pernah melihat orang yang suka menggigiti kukunya? Atau anda adalah salah satunya? Menggigit kuku merupakan salah satu tanda seseorang mengalami stress atau tertekan. Menggigit kuku sesekali mungkin tidak menimbulkan masalah serius, namun jika dilakukan secara terus-menerus bisa menyebabkan pendarahan. Kebiasaan buruk ini juga membuat kuku lebih mudah terinfeksi.

Tahukah anda jika diabetes juga bisa dilihat melalui kuku? Jika anda gemar memakai cat kuku, maka kuku akan berubah menjadi kekuningan. Namun jika warna kekuningan tersebut tidak mau menghilang setelah mendapatkan perawatan, itu bisa menjadi gejala penyakit diabets. Diabetes bisa membuat kulit dan kuku berubah menjadi kekuningan, namun perubahan ini biasanya paling jelas di bagian kuku. Perubahan itu terjadi karena gabungan kolagen dan glukosa di kuku. Segera periksakan diri ke dokter jika anda melihat kuku tetap berwarna kuning dalam waktu yang lama. Penyakit lain yang bisa diketahui melalui kuku adalah radang sendi. Banyak orang menganggap masalah persendian hanya muncul pada orang lanjut usia, namun faktanya tidak demikian. Ada banyak sekali jenis radang sendi, dan penyebabnya tidak hanya faktor usia, melainkan juga karena makanan dan faktor lainnya.

Nah, itu tadi informasi tentang cara mengetahui kondisi kesehatan melalui kuku. Semoga bermanfaat untuk anda.

About admin

Check Also

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba

Rahasia Panjang Umur Beberapa hal yang Patut Dicoba Hidup panjang umur adalah dambaan semua orang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *